Link Jadwal Sahur dan Imsak Hingga Buka Puasa di Indonesia, Berikut Daftar Lengkapnya

- 13 April 2021, 02:31 WIB
Jadwal resmi waktu shalat dan imsakiyah untuk wilayah Banyuwangi./Nahdlatul Ulama/Lembaga Falakiyah
Jadwal resmi waktu shalat dan imsakiyah untuk wilayah Banyuwangi./Nahdlatul Ulama/Lembaga Falakiyah //Dicky septiawan/

KABAR BESUKI - Di Indonesia, istilah imsak umumnya digunakan sebagai pengingat agar bersiap-siap menyudahi makan sahur sebelum azan subuh dikumandangkan. 

Tujuannya agar orang-orang yang belum selesai makan tidak gelagapan begitu waktu subuh datang. 
 
Untuk awal bulan suci ini pemerintah sudah menentukan jadwal mulai dari sahur, imsak, sampai berbuka puasa.
 
Sudah ditentukan pemerintah ketetapan 1 Ramadan 1442 H antara Nahdlatul Ulama (NU) dan Muhammadiyah berlangsung sama. Puasa sama-sama akan dimulai pada Selasa 13 April 2021.
 
Sementara untuk mengecek jadwal imsakiyah, laman Bimas Islam Kementerian Agama (Kemenag) bisa menjadi rujukan mengakses jadwal imsak dan buka puasa di sini https://bimasislam.kemenag.go.id

Bagi jemaah Nahdlatul Ulama (NU) yang ingin melihat jadwal puasa Ramadan 1442 H dapat mengakses laman: https://falakiyah.nu.or.id/JadwalImsakiyahPuasa.aspx.

Caranya, pilih nama lokasi dan klik "Process". Selanjutnya jadwal akan tampil dalam bentuk tabel.

Kemudian ada pilihan untuk mengunduh jadwal tersebut dengan format exel, word atau XML. Caranya dengan klik salah satu dari tiga ikon yang terdapat di akhir tabel jadwal.

Baca Juga: BMKG Temukan Bibit Siklon Tropis 94W Sekitar Pasifik Barat, Beberapa Wilayah di Indonesia Harus Waspada

Seperti dikutip Kabar Besuki Data dari situs resmi Lembaga Falakiyah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama, puasa Ramadan dimulai pada 13 April 2021 sampai 13 Mei 2021.

Jadwal ini telah dihisab dan disusun oleh Wakil Ketua Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah, Ustaz Dr Oman Fathurohman SW.

Disebutkan bahwa metode hisab yang dipakai Muhammadiyah selain memperhitungkan posisi lintang dan bujur daerah juga memperhitungkan tinggi daerah yang dihisab.

Dikutip Kabar Besuki dari Suara Muhammadiyah, berikut link jadwal imsak untuk Muhammadiyah: https://suaramuhammadiyah.id/2021/03/19/download-jadwal-imsakiyah-1442-h-2021-m-se-indonesia/

Halaman:

Editor: Ayu Nida LF

Sumber: Kemenag Suara Muhammadiyah


Tags

Terkini

x