Panduan Melaksanakan Tarawih di Masjid saat Pandemi Covid-19 agar Aman

- 13 April 2021, 12:29 WIB
Ilustrasi Tarawih
Ilustrasi Tarawih /Instagram/masjidalakbarsurabaya

KABAR BESUKI-Shalat Tarawih merupakan shalat sunnah yang istimewa karena hanya dilakukan saat bulan Ramadhan, dan biasanya dilaksanakan secara berjamaah di masjid.

Sekitar sebulan lamanya, masjid-masjid dipenuhi oleh jamaah Tarawih dan ibadah-ibadah lainnya. Namun suasana religius itu nyaris tidak terasa sejak Ramadhan 1441 H/2020 akibat pandemi COVID-19.

Anjuran menjalankan protokol kesehatan agar menjaga jarak dan tidak berkerumun menyebabkan banyak aktivitas warga terhambat, salah satunya dengan himbauan menutup rumah ibadah.

Baca Juga: Aktivis Myanmar Bersumpah Akan Melakukan Protes Selama Liburan Tahun Baru

Melansir dari Antara, pada Ramadhan 1442 Hijriah, pemerintah memperbolehkan beberapa kegiatan termasuk ibadah berjamaah dengan protokol kesehatan yang ketat.

Ketua Divisi Pedoman & Protokol Tim Mitigasi Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Dr dr Eka Ginanjar, SpPD-KKV memberikan panduan untuk orang-orang yang ingin menjalankan shalat tarawih di masjid pada Ramadhan tahun ini.

Pertama, pastikan masjid atau mushola tempat melaksanakan tarawih sudah menjalankan protokol kesehatan dengan ketat dan mengikuti arahan dari pemerintah mengenai ketentuan pelaksanaan tarawih.

"Seperti jarak shaf dijaga, ceramah tidak terlalu lama hingga sirkulasi udara baik," kata Eka Ginanjar yang juga Sekjen Perhimpunan Ahli Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI), yang dikutip dari Antara, Selasa, 12 April 2021.

Baca Juga: Jadwal Imsak dan Buka Puasa Wilayah Banyuwangi Selama Puasa Ramadhan 1442 H/2021

Halaman:

Editor: Ayu Nida LF

Sumber: ANTARA


Tags

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x