Lestarikan Budaya Indonesia, Inilah 7 Tradisi Unik Menyambut Bulan Ramadhan

- 14 April 2021, 14:05 WIB
Foto acara tradisi Munggahan di KBRI Quito/laman resmi/Kemenlu.go.id
Foto acara tradisi Munggahan di KBRI Quito/laman resmi/Kemenlu.go.id //Aini/

KABAR BESUKI-Bulan Ramadhan merupakan bulan yang paling ditunggu-tunggu oleh umat Muslim di seluruh dunia. Pasalnya, bulan ramadhan tersebut menyimpan berbagai makna penting dalam ajaran Islam, salah satunya adalah sebagai bulan diturunkannya kitab suci Al-Qur'an dan bulan penuh berkah serta ampunan.

Selama bulan Ramadhan berlangsung, seluruh umat Muslim diwajibkan untuk menjalankan ibadah puasa selama 30 hari dan merayakan kemenangannya pada perayaan Idul Fitri yang jatuh pada tanggal 1 Syawal dalam kalender Hijriah.

Sebagai negara dengan populasi Muslim terbesar di dunia, tentunya bulan puasa selalu disambut dengan begitu meriah oleh berbagai masyarakat di penjuru Nusantara.

Baca Juga: Siswa Ngumpet di bawah Meja saat Jokowi Datang? 'Mereka Ngumpet Karna yang Datang Itu Bencana' [Cek Fakta]

Perbedaan ragam suku dan budaya tidak menjadi penghalang bagi masyarakat Indonesia untuk merayakan datangnya bulan suci dengan keunikannya masing-masing, layaknya semboyan “Bhineka Tunggal Ika” yang memiliki makna ‘berbeda-beda, tapi tetap satu’.

Melansir dari Laman travel wego, berikut ini tradisi unik masyarakat Indonesia menyambut bulan Ramadhan:

1.Munggahan, Jawa Barat

Tradisi unik yang dilakukan oleh masyarakat di daerah Jawa Barat ini berasal dari bahasa Sunda, yang berarti “sampai ke”. Masyarakat Jawa Barat memaknai tradisi Munggahan sebagai sesampainya mereka di bulan Ramadhan.

Oleh karena itu, Munggahan kerap dilakukan pada akhir bulan Sya'ban atau beberapa hari sebelum memasuki bulan Ramadhan.

Halaman:

Editor: Ayu Nida LF


Tags

Terkini

x