Bulog Jamin Stok Beras di Probolinggo Aman Hingga Idul Fitri 2021, Bahkan Cukup Hingga April 2022

- 15 April 2021, 17:17 WIB
Ilustrasi stok beras di gudang bulog/laman resmi/bulog.co.id
Ilustrasi stok beras di gudang bulog/laman resmi/bulog.co.id //Aini/

KABAR BESUKI-Stok beras di Bulog Probolinggo, Jawa Timur, per 8 April 2021, mencapai 13.465 ton setara beras yang mampu untuk mencukupi kebutuhan beras di Kabupaten Probolinggo hingga April 2022.

"Bulog melakukan penyerapan beras per 8 April 2021 sebanyak 5,143 ton, sehingga stok beras sangat aman untuk mencukupi kebutuhan masyarakat," kata Kepala Bagian Perekonomian dan Sumber Daya Alam Setda Kabupaten Probolinggo Susilo Isnadi di Probolinggo, yang dikutip dari Antara, Kamis, 15 April 2021.

Menurutnya, angka tersebut didapatkan dari laporan hasil rapat koordinasi Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kabupaten Probolinggo.

Susilo berpendapat bahwa rapat koordinasi itu bertujuan dalam rangka upaya pengendalian inflasi daerah dan antisipasi ketersediaan, keterjangkauan harga serta kelancaran distribusi bahan pokok dan barang strategis lainnya pada Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri 1442 H dalam situasi pandemi.

Baca Juga: Tol Layang Jakarta-Cikampek Dijual ke Uni Emirat Arab? 'Cebonk Harus Sadar Diri' [Cek Fakta]

Ia mengatakan harga eceran tertinggi (HET) beras mengacu pada Permendag Nomor 57 Tahun 2017, yakni untuk beras medium Rp9.450 per kg dan beras premium Rp12.800 per kg, kemudian luas areal panen padi per Maret 2021 mencapai 10.000 hektar.

"Analisa ketersediaan pangan dihitung dengan rumus ketersediaan pangan, konsumsi (dengan asumsi konsumsi beras di Kabupaten Probolinggo sebanyak 88,6 kg per orang per tahun," ungkap Susilo.

Menurutnya, stok beras yang ada di Bulog Probolinggo masih cukup untuk satu tahun ke depan karena sudah ada yang panen padi di Kabupaten Probolinggo.

Selain beras, lanjut dia, stok elpiji 3 kilogram bersubsidi cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat selama bulan Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah.

Halaman:

Editor: Ayu Nida LF

Sumber: ANTARA


Tags

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x