Indonesia Akan Menjadi Produsen Baterai Mobil Listrik Terbesar di Dunia Karena Hal Ini

- 15 April 2021, 18:41 WIB
Ilustrasi mobil listrik
Ilustrasi mobil listrik /Pikiran Rakyat/Amir Faisol/

KABAR BESUKI – Indonesia diketahui memiliki sumber daya alam (SDA) melimpah berupa nikel, hal ini dinilai akan menjadi produsen baterai lithium dan mobil listrik terbesar di dunia.

Seiring besarnya pasokan nikel untuk pembuatan baterai lithium yang menjadi bahan utama pengembangan mobil listrik.

“Indonesia punya kandungan nikel yang luar biasa banyak. Seharusnya Indonesia bisa menguasai salah satu rantai pasok baterai lithium dan pengembangan mobil listrik dunia,” kata Wakil Ketua Umum Kadin Indonesia Bidang Pengembangan Pengusaha Nasional, Arsjad Rasjid, Kamis 15 April 2021.

Baca Juga: Jika Anda Memiliki Headphone Jenis Ini, Segera Hentikan Penggunaannya Sekarang!

Baca Juga: Klaim WHO Mengatakan 377 dari Setiap 100.000 Orang Meninggal Karena Vaksin COVID-19 [Cek Fakta]

Dilansir Kabar Besuki dari Antara, Arsjad menyatakan bahwa pengembangan mobil listrik akan menimbulkan efek domino dan meningkatkan peran pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) pada industri otomotif dalam negeri.

“Apa yang telah dicanangkan Presiden Jokowi untuk mengembangkan industri baterai lithium dan mobil listrik adalah ide yang luar biasa. Kita harus siap kalau ingin berkembang dan berkompetisi. Kita bisa leading,” ujar Arsjad.

Namun, ia mengingatkan bahwa ada tahapan-tahapan yang harus dilalui untuk menjadikan Indonesia sebagai salah satu pemain terdepan dalam industri mobil listrik dunia.

Selain memiliki sumber daya alam melimpah berupa nikel, Indonesia juga harus memperlengkapi diri dengan sumber daya manusia (SDM) berdaya saing tinggi, memanfaatkan komponen tingkat komponen dalam negeri (TKDN), dan membeli teknologi dari luar negeri untuk dikembangkan di Indonesia.

Halaman:

Editor: Yayang Hardita

Sumber: Antaranews.com


Tags

Terkini

x