Supaya Kambing Memiliki Nafsu Makan yang Tinggi, Lakukan Beberapa Cara Berikut!

- 16 April 2021, 10:08 WIB
Ilustrasi kambing.
Ilustrasi kambing. /Pixabay/MabelAmber

KABAR BESUKI - Memelihara hewan tentunya merupakan kesenangan tersendiri bagi sebagian orang. Dengan memiliki hewan peliharaan di rumah, menjadi salah satu hiburan tersendiri yang bisa menjadi penenang diri.

Dari sekian banyak hewan, kambing atau domba masih menjadi primadona di beberapa daerah. Selain sebagai hewan peliharaan, kambing rupanya banyak dijadikan sebagai tabungan masa depan.

Namun tahukah kalian, memelihara kambing tidaklah mudah. Terkadang menjadi hal sulit tersendiri ketika kambing yang dipelihara menangalami yang namanya sakit atau tidak nafsu makan. Tentunya hal itu akan membuat kesehatan pada kambing sangatlah terganggu.

Baca Juga: Pemain Sinetron Jeff Smith Ditangkap Polisi Atas Dugaan Kasus Narkoba, Polisi Berhasil Amankan Barang Bukti

Baca Juga: Jangan Ditaruh dalam Wadah Berisi Beras, Lakukan Hal ini Jika Smartphone Anda Kemasukan Air

Baca Juga: Dokter Penyakit Dalam Surabaya Nyatakan Penderita Diabetes Boleh Berpuasa, Berikut Tipsnya

Berikut beberapa cara agar kambing atau domba memiliki selera makan yang tinggi. Dilansir dari situs arenahewan.com, 6 cara ini dikatakan mampu membuat kambing menjadi lahap saat makan;

1. Sering Menaruh Kambing di Bawah Pohon

Mungkin setiap harinya anda menaruh kambing dikandang yang mana ada penutup kandang sehingga tidak membuatnya panas. Salah satu alasan mengapa kambing tidak mau makan pakan fermentasi yakni disebabkan oleh karena sakit, jenis fermentasi yang anda berikan sampai dengan ketidak terbiasaannya.

Oleh karena itu untuk membuat kambing suka dan mulai terbiasa, cobalah ketika pukul 11 siang sampai pukul dua siang letakkan kambing dibawah pohon atau di area yang terlihat panas namun bukan membiarkan kambing kepanasan. Tepatnya dibawah pohon, setidaknya ia tetap mendapat pengaruh panas. Sediakan air minum sebanyak-banyaknya disana untuk kala kambing haus. Namun jangan memberikan pakan, karena tujuan ini untuk membuat kambing gerah dan minum terus yang berujung lapar. Sehingga setelah itu anda bisa memberikan pakan fermentasi.

2. Berikan Temulawak

Temulawak merupakan jamu tradisional yang aman dan alami serta mudah dibuat sendiri. Anda bisa memberikannya pada kambing supaya nafsu makannya baik dan mau memakan pakan fermentasi.

Selain temulawak, Cara Membuat Kambing Doyan Makan Pakan Fermentasi lain adalah dengan memberikan suplemen yang dapat dibeli dari toko pakan hewan. Harganya terjangkau, dan sampaikan kebutuhan anda membelinya yakni supaya kambing mempunyai nafsu makan banyak.

Baca Juga: Tak Ingin ‘Permalukan Pangeran Harry’, Keluarga Kerajaan Tidak Berseragam Militer di Pemakaman Pangeran Philip

Baca Juga: Bikin Ngeri! Tujuh Kendaraan Tabrakan Beruntun di Sitinjau Lauik Menewaskan Dua Orang

4. Pelepah Sawit

Kebanyakan peternak mencoba memberikan pelepah sawit yang difermentasikan untuk pakan ternak, seperti yang sudah disampaikan sebelumnya yakni manfaat fermentasi pelepah sawit untuk pakan Ternak. Anda bisa mencobanya untuk memberikan kepada kambing, mungkin saja kelapa sawit bisa menarik nafsu makan kambing ternak anda.

5. Perlu Vaksinasi

Mungkin saja kambing anda sedang sakit, sehingga tidak mau memakan pakan hasil fermentasi. Jadi anda bisa memberikan suntikan atau vaksinasi agar kesehatannya benar-benar bisa dipastikan dan mau memakan pakan fermentasi.

6. Kurangi Jatah Makan Selama Satu Minggu

Cobalah anda untuk mengurangi jatah makannya selama satu minggu. Tidak perlu khawatir, karena ini hanya sebuahy siasat yang tidak akan berlangsung lama. Jika biasanya anda memberikan rumput atau pakan yang lainnya dua kali dalam sehari maka bisa mencoba memberikan sekali saja selama seminggu.

Jika minggu pertama sudah anda lakukan, maka keesokan harinya berikan pakan fermentasi dan seminggu berikutnya lagi anda bisa kembali memberikan jatah dua kali sehari tetapi kombinasi. Misalnya jika pagi diberikan rumput maka sore pakan fermentasi atau sebaliknya.

Baca Juga: Kabar Baik! Marquez Kembali Bertanding untuk GP Portugal, Setelah Lulus Cek Medis dan Dinyatakan Fit

Baca Juga: Muncul Isu Reshuffle, Sejumlah Menteri dari Rombakan Kabinet Indonesia Maju Dapat Sentimen Positif Pemberitaan

Beberapa tips di atas dapat diterapkan untuk mendapatkan hasil yang memuaskan pada hewan peliharaan kambing atau domba yang kita punya.***

Editor: Yayang Hardita

Sumber: Arena Hewan


Tags

Terkini

x