Jarang Diketahui, Menahan Bersin Ternyata Berbahaya Bagi Tubuh Salah Satunya Kerusakan Pembuluh Darah

- 16 April 2021, 12:06 WIB
ILUSTRASI bersin.*
ILUSTRASI bersin.* /PIXABAY/

KABAR BESUKI – Bersin merupakan tindakan alamiah yang dilakukan oleh tubuh kita saat benda asing, seperti debu, asap, bakteri, hingga kotoran, masuk ke dalam hidung.

Bagi Anda yang kerap memiliki kebiasaan menahan bersin ada baiknya segera dihentikan karena ternyata berbahaya bagi tubuh.

Menahan bersin dapat menimbulkan berbagai macam kerugian pada kesehatan, seperti patahnya tulang rusuk, pecahnya gendang telinga, hingga rusaknya pembuluh darah.

Baca Juga: Harga Emas Kian Meroket, Berikut Ini Update Terbaru Harga Emas Antam per Tanggal 16 April 2021

Baca Juga: Diduga Ada Oknum Polisi yang Melakukan Penganiayaan, Sahroni: Kejadian Ini Sangat Memalukan

Berikut penjelasan beberapa bahaya kesehatan yang ditimbulkan akibat dari menahan bersin sebagaimana dilansir Kabar Besuki dari laman Sehatq.

Tenggorokan Pecah

Menurut sebuah laporan di dalam jurnal BMJ Case Reports, seorang pria berusia 34 tahun mengalami tenggorokan pecah setelah dirinya menutup hidung dan mulut saat bersin. Lalu Ia kemudian merasakan sakit yang signifikan dan tidak mampu berbicara atau menelan.

Kasus tenggorokan pecah sebenarnya cukup jarang terjadi. Hal ini biasanya disebabkan oleh cedera atau kondisi medis tertentu, seperti muntah hingga batuk parah.

Halaman:

Editor: Yayang Hardita

Sumber: sehatq


Tags

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x