Tagar 'Kembali ke Bioskop': Upaya Pemerintah untuk Membangkitkan Industri Perfilman di Indonesia

- 19 April 2021, 11:04 WIB
Ilustrasi bioskop.
Ilustrasi bioskop. /Pixabay.com/Derks24

KABAR BESUKI - Setelah setahun lebih berjuang melawan pandemi Covid-19, Indonesia berusaha untuk bangkit dari keterpurukan yang diakibatkan oleh virus corona. Berbagai sektor industri pun terkena dampak buruk dari pandemi yang mengakibatkan ratusan ribu bahkan jutaan pekerja terancam keluar dari pekerjaannya.

Salah satu sektor yang mengalami pukulan keras dari pandemi adalah industri perfilman, baik secara global maupun di tanah air.

Sejak pandemi berlangsung, bioskop-bioskop tanah air dilarang beroperasi untuk menekan laju penyebaran Covid-19 di Indonesia. Bioskop memang bisa menjadi sarang virus corona karena tempatnya yang tertutup dan umumnya dipenuhi oleh penonton.

Baca Juga: Penistaan Agama oleh Jozeph Paul Zhang dan Desak Made, Menag: Menistakan Agama Bukan Perbuatan yang Dibenarkan

Padahal semenjak tahun 2016, Indonesia telah mengalami pertumbuhan bioskop dan layar yang cukup signifikan. Di tahun 2016, jumlah bioskop di Indonesia diperkirakan sebanyak 313, dengan 1.330 layar secara total.

Setelah 4 tahun, di 2020 Indonesia memiliki total 517 bioskop dan 2.145 layar yang tersebar di seluruh Nusantara.

Tetapi karena pandemi, peningkatan jumlah bioskop ini pun tidak dapat dimanfaatkan dengan baik mengingat bioskop merupakan salah satu tempat dimana penyebaran virus bisa berkembang sangat cepat.

Namun sejak 23 Februari 2021 lalu, pemerintah telah mengizinkan sejumlah bioskop di tanah air untuk kembali dibuka dan menayangkan film-film nasional maupun internasional, dengan syarat penerapan protokol kesehatan yang ketat, seperti dilansir Kabar Besuki dari Antara.

Baca Juga: Planet Penuh Predator: Temuan Baru Ungkap, Bumi Dikuasai 2.5 Miliar T-Rex pada Jutaan Tahun Lalu

Halaman:

Editor: Ayu Nida LF

Sumber: ANTARA


Tags

Terkini

x