Pemindahan Ibu Kota Bukanlah Hal Baru, DPR: Negara Maju Juga Pernah Pindah Ibu Kota

- 19 April 2021, 11:53 WIB
Foto: tangkapan layar rencana bentuk bangunan Ibu Kota baru /instagram.com/@jokowi
Foto: tangkapan layar rencana bentuk bangunan Ibu Kota baru /instagram.com/@jokowi //Prasetyo B P/

KABAR BESUKI - Keputusan untuk memindahkan Ibu Kota bukanlah hal yang baru dan tidak biasa tetapi telah banyak dilakukan oleh negara lain dengan dasar pertimbangan yang kuat hal tersebut diungkapkan oleh Anggota Komisi VI DPR RI Herman Khaeron.

"Ide dan upaya memindahkan ibu kota negara sebetulnya bukan hal baru. Keputusan memindahkan dan memisahkan ibu kota negara dari pusat aktivitas perekonomian banyak dilakukan sejumlah negara maju," kata Herman Khaeron dalam rilis di Jakarta, Senin 19 April 2021.

Menurut dia, di berbagai negara, ketika ibu kota negara mulai jenuh dan muncul tanda-tanda kota megapolitan itu kehilangan kemampuannya menyediakan layanan publik memadai bagi warga masyarakat, maka keputusan memindahkan ibu kota negara memang harus diambil.

Baca Juga: Anggota Komisi VI DPR RI Meminta Rencana Pemindahan Ibu Kota Memang Harus Direalisasikan

Ia berpendapat bahwa dibutuhkan konsolidasi secara komprehensif dengan berbagai institusi dan kalangan, sebagaimana dilansir Kabar Besuki dari Antara.

Terlebih lagi bagi berbagai BUMN, menurut dia, maka perusahaan milik negara itu harus melakukan akselerasi kesiapan pemindahan Ibu Kota Negara ke Kaltim.

Akselerasi tersebut, lanjutnya, baik dalam hal kesiapan infrastruktur dasar maupun penunjangnya harus dibangun dengan baik dan serius.

"Oleh karena itu kita juga harus saling mendorong, kalau memang benar nanti dengan indikator-indikator pemindahan Ibu Kota Negara baru ini bisa dilaksanakan, nanti BUMN juga harus melakukan akselerasi untuk kesiapan itu," ujar Herman.

Baca Juga: Update Harga Terbaru Emas Senin, 19 April 2021 Mengalami Kenaikan, Cek Harga!

Halaman:

Editor: Ayu Nida LF

Sumber: ANTARA


Tags

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X