Danau Baru Terbentuk di Kupang NTT Usai Terjadi Badai Siklus Seroja, Menurut Ahli Ini Termasuk Danau Dolina

- 20 April 2021, 11:19 WIB
Foto: Ilustrasi danau./Pixabay/Free-photos
Foto: Ilustrasi danau./Pixabay/Free-photos //Gisel/

KABAR BESUKI – Siklon Seroja akhir-akhir ini seringkali jadi menyebabkan banyak bencana alam terjadi di beberapa wilayah di Indonesia. Salah satunya yakni yang yakni bencana alam badai  siklon tropis Seroja yang melanda Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Badai ini ternyata berdampak pada munculnya satu danau baru seluas dua hektare di RT14/RW06, Kelurahan Sikumana, Kecamatan Maulafa, Kota Kupang.

"Danau ini mulai terbentuk saat badai siklon tropis Seroja melanda daerah ini. Pada Senin 5 April 2021 pagi kami melihat air semakin meluas dan menggenangi seluruh lahan pertanian milik petani. Luasan genangan air semakin meluas," kata Hendrik Lasa, warga RT14/RW06, Kelurahan Sikumana, dikutip Kabar Besuki dari laman ANTARA pada 20 April 2021.

Baca Juga: Tolak Pembentukan European Super League, Pangeran William Kritik Kerusakan yang Ditimbulkan Liga Super

Sebelumnya, menurut informasi dari Hendrik, lahan yang telah terbentuk menjadi danau itu sebelumnya digunakan sebagai lahan pertanian milik warga untuk menanam palawija. Akibat adanya danau itu sehingga seluruh tanaman pertanian seperti jagung, kacang, buncis dan kelapa yang siap panen semua tengelam air danau yang baru terbentuk itu.

Henrik Lasa juga mengatakan, setelah puluhan tahun berdomisili di kawasan itu belum pernah mengalami peristiwa seperti ini.

"Kejadian ini baru pertama kali terjadi sehingga kami sangat khawatir akan munculnya bencana baru karena ketinggian air terus bertambah," ujarnya.

Baca Juga: Hanya Butuh 2 Detik, Anda Dapat Memasak dan Mengupas Telur Rebus dengan Mudah Menggunakan Trik Ini

Menurut dia, ketinggian air danau terus bertambah karena air yang mengalir dari mata air Tangkolo dan sumber mata air baru di kawasan itu semakin banyak.

Halaman:

Editor: Ayu Nida LF

Sumber: ANTARA


Tags

Terkini

x