Menurut Studi: Usia Wanita Saat Pertama Kali Menstruasi Pengaruh Terhadap Kesehatan dan Panjangnya Umur

- 21 April 2021, 11:02 WIB
Ilustrasi wanita yang mengalami menstruasi
Ilustrasi wanita yang mengalami menstruasi /Rianti S/pexels.com/ Polina Zimmerman

KABAR BESUKI - Setiap wanita pasti akan mengalami masa menstruasi setiap bulannya secara teratur. Wanita pertama kali mengalami menstruasi ketika mereka masih di usia sangat muda.

Namun, banyak yang tidak menyadari jika usia Anda ketika pertama kali mengalami menstruasi ternyata berdampak pada kesehatan Anda di masa depan.

Menurut sebuah studi oleh para peneliti di University of California, San Diego, wanita yang lebih lama atau terlambat mengalami menstruasi pertama mungkin berpotensi hidup jauh lebih lama dibandingkan yang menstruasi lebih awal, seperti dilansir dari Women’s Health Magazine.

Penelitian ini dilakukan dengan memantau lbih dari 16.000 data wanita pasca-menopause yang dikumpulkan oleh Women's Health Initiative.

Baca Juga: Jangan Malas! Mandi Pagi Hari Ternyata Miliki Manfaat Bagi Tubuh, Termasuk Dapat Tingkatkan Energi

Para peneliti menemukan jika usia pada saat haid pertama dan usia ketika menopause berpengaruh terhadap kesehatan dan waktu hidup atau umur panjang secara keseluruhan.

Hasilnya, perempuan yang yang mulai menstruasi pada usia lebih tua cenderung tidak memiliki masalah kesehatan tertentu seperti jantung koroner.

Perempuan yang mendapatkan menstruasi pertama pada 12 tahun ke atas, serta menopause setelah berusia 50 tahun keatas cenderung hidup jauh lebih lama.

Mereka juga mengatakan jika wanita yang sistem reproduksinya aktif (belum menopause) selama lebih dari 40 tahun maka akan memiliki peluang hidup hingga usia 90 tahun.

Halaman:

Editor: Ayu Nida LF

Sumber: Women's Health


Tags

Terkini

x