Memaknai Hari Kartini, Inilah 4 Profesi Maskulin yang Dapat Ditekuni Wanita di Era Milenial

- 21 April 2021, 11:29 WIB
Ilustrasi seorang wanita karir.
Ilustrasi seorang wanita karir. /Pexels.com/Ivan Samkov/

KABAR BESUKI – Momen Hari Kartini yang diperingati setiap tanggal 21 April merupakan tonggak sejarah lahirnya gerakan emansipasi wanita di tanah air yang digagas oleh Raden Ajeng Kartini.

Awalnya, gerakan emansipasi bertujuan agar kaum wanita memperoleh persamaan hak dengan kaum pria dalam memperoleh akses pendidikan formal.

Seiring berkembangnya zaman, gerakan emansipasi juga turut berkembang menjadi sebuah gerakan agar wanita memperoleh kesempatan yang sama dengan kaum pria dalam menekuni karir atau profesi di bidang apapun.

Bahkan, menjadi seorang wanita mandiri dalam hal finansial merupakan sebuah keharusan yang nyaris tidak dapat ditawar, sekalipun telah memiliki seorang suami dengan kemampuan finansial yang sangat mapan.

Berikut ini beberapa profesi maskulin yang dapat ditekuni wanita di era milenial sebagaimana telah dirangkum Kabar Besuki dari berbagai sumber, antara lain:

 Baca Juga: Ahli Beberkan Pola Tidur yang Tepat Saat Bulan Puasa, Agar Tubuh Tetap Bugar dan Kuat

  1. Tentara

Dalam beberapa tahun terakhir, Tentara Nasional Indonesia (TNI) juga memberikan kesempatan yang seluas-luasnya kepada kaum wanita untuk mengikuti pendidikan militer hingga akhirnya resmi ditugaskan dalam medan pertempuran.

Profesi ini memiliki tingkat risiko yang sangat tinggi karena nyawa menjadi taruhan utama saat bertugas di lapangan, apalagi jika berhadapan dengan kelompok bersenjata yang menjadi ancaman di sebuah wilayah tertentu.

 Baca Juga: Orang Usia Paruh Baya yang Tidur Kurang dari Enam Jam Akan Lebih Berisiko Demensia, Menurut Studi

Halaman:

Editor: Ayu Nida LF

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x