Varian COVID-19 B1525 Kembali Masuk ke Indonesia, Epidemiolog: Pintu Masuk Negara Harus Diperketat

- 21 April 2021, 11:55 WIB
Ilustrasi Bandara
Ilustrasi Bandara /Pixabay/RainerPrang

KABAR BESUKI - Varian baru virus corona kembali ditemukan di Indonesia, varian dengan kode B1525 terdeteksi menginfeksi salah satu pekerja migran Indonesia yang bekerja di Malaysia yang kembali ke tanah air melalui kota Batam.

Juru bicara Vaksinasi COVID-19 Siti Nadia Tarmizi mengatakan mutasi dari sebuah virus adalah hal yang wajar, karena dengan bermutasi virus dapat hidup dan berkembang.

Akibat dari bermutasinya virus tersebut dampaknya adalah munculnya varian virus-virus baru, salah satunya B1525.

Baca Juga: Setelah Pak Harto Difitnah, Kini TMII Dijual Megawati ke Tiongkok Menkominfo Telah Memastikan [Cek Fakta]

“Ada sekitar 58 pekerja migran dari Malaysia yang secara bersama kembali ke Indonesia dan kita sudah melakukan pemeriksaan (PCR). Dari 58 orang tersebut ada 13 yang terkonfirmasi positif,” kata Nadia.

Dilansir Kabar Besuki dari Antara, Nadia menuturkan dari ke-13 orang yang terkonfirmasi positif COVID-19 hanya satu orang yang dikonfirmasi terpapar varian virus baru di COVID-19.

“Dari 13 yang positif, hanya satu kasus yang kita temukan bahwa orang tersebut terkonfirmasi positif virus corona varian B-1525,” lanjut Nadia.

Baca Juga: FIFA: Klub yang Mengikuti Liga Super Eropa akan Didepak dari Kompetisi Piala Dunia dan Piala Eropa

Menurut Badan Kesehatan Dunia (WHO) varian virus corona baru yaitu B-1525, belum menunjukan tingkat keparahan dan efektivitas vaksin.

Halaman:

Editor: Prasetyo Bagus Pramono

Sumber: ANTARA


Tags

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x