Berkunjung ke Banyuwangi, Bupati Bangli Sharing dan Belajar Kepariwisataan Kota Gandrung

- 21 April 2021, 13:04 WIB
Foto: Bupati Bangli, sang Nyoman Sedana Arta(kiri)./Instagram/@sedana_arta_
Foto: Bupati Bangli, sang Nyoman Sedana Arta(kiri)./Instagram/@sedana_arta_ //Dicky/

KABAR BESUKI - Bupati Bangli, Bali, Sang Nyoman Sedana Arta mengajak jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Bangli, para kepala SKPD dan pelaku pariwisata berkunjung ke Banyuwangi, Selasa, 20 April 2021. Tujuannya untuk sharing masalah kepariwisataan.

Dikutip Kabar Besuki dari banyuwangi_kab, Rombongan yang berjumlah 50 orang tersebut diterima Bupati Banyuwangi, Ipuk Fiestiandani di Kantor Pemkab Banyuwangi.

Bupati Bangli, Sang Nyoman Sedana Arta mengaku banyak mendengar bagaimana Banyuwangi mampu mengemas pariwisatanya dengan baik. 

Baca Juga: Ahli Mengungkap, Orang yang Sering Tidur Larut Malam Dianggap Lebih Cerdas dan Kreatif

“Ada banyak cerita keberhasilan  tentang Banyuwangi yang ingin kami adopsi. Kami ingin meniru dan menyesuaikannya dengan potensi yang kami miliki. Termasuk bagaimana Banyuwangi memanfaatkan instrumen teknologi informasi dalam melakukan monitoring pajak terhadap hotel dan restoran,”kata Bupati Nyoman.

“Meski Kabupaten Bangli adalah satu-satunya kabupaten di Provinsi Bali yang tidak memiliki pantai, namun kami ingin mengoptimalkan potensi yang kami miliki. Di tempat kami terdapat beberapa potensi mulai dari sumber daya alam, warisan budaya benda dan non benda, adat istiadat. Namun kami belum optimal dalam mengembangkannya untuk kesejahteraan rakyat,”  kata Bupati Nyoman.

Destinasi wisata dan kekhasan potensi yang dimaksud, lanjut Bupati Nyoman, antara lain Danau Kintamani, Gunung Batur, Desa Wisata Penglipuran, kopi arabika kintamani yang sudah tersertifikasi dunia, dan anjing ras Kintamani yang begitu diminati orang untuk dikembangbiakkan di luar Pulau Bali.

Baca Juga: Tak Repot Lagi, di Banyuwangi Sekarang Pendaftaran dan Pembayaran Uji Kir Bisa dengan Online

"Presiden Jokowi mengatakan, kota yang sukses bukanlah kota yang baik-baik saja, tapi adalah kota yang cepat dalam melakukan langkah strategis yang merupakan kunci dalam memajukan daerah. Maka menduplikasi suatu daerah  saat ini adalah suatu keniscayaan. Karena itu kami ingin meniru Banyuwangi yang sukses membuat banyak terobosan," tandasnya.

Halaman:

Editor: Ayu Nida LF

Sumber: banyuwangikab.go.id


Tags

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X