Spesial Ramadhan, Palang Merah Indonesia Jember Ajak Masyarakat Sedekah Darah untuk yang Membutuhkan

- 21 April 2021, 18:25 WIB
Ilustrasi donor darah
Ilustrasi donor darah /Parsito/

KABAR BESUKI - Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Jember mengajak warga untuk sedekah darah selama bulan suci Ramadhan dengan aktif monitoring dan memotivasi relawan pendonor untuk membumikan kegiatan sedekah melalui donor darah.

"Kami juga aktif melakukan sosialisasi pentingnya donor darah yang tujuannya tidak hanya untuk kemanusiaan saja tetapi donor darah juga sebagai bentuk sedekah," kata Ketua PMI Jember Zaenal Marzuki di Jember, yang dikutip dari Antara, Rabu, 21 April 2021.

Selama Ramadhan 1442 Hijriah, tim mobil unit Unit Donor Darah (UDD) PMI Kabupaten Jember hampir setiap hari harus terus melaksanakan kegiatan donor darah dengan berkeliling masjid, kantor kecamatan atau tempat strategis lainnya untuk mengadakan donor darah.

Baca Juga: Waspada, Infeksi Otak Mengancam Anda, Kenali Gejala dan Cara Mengatasinya

"Para petugas UDD PMI terus bergerak untuk menjemput bola para relawan pendonor, sehingga diharapkan stok darah di Jember tidak menipis selama Ramadhan hingga Lebaran 2021," ucap Zaenal Marzuki.

Ia mengatakan kegiatan donor darah juga bagus untuk kesehatan tubuh karena setiap donor darah tensi dan HB darah dapat terpantau setidaknya dua bulan sekali, apabila pendonor tersebut rutin melakukan donor darah.

"Biasanya petugas UDD PMI juga memberikan saran dan masukkan jika tensi darah dan HB nya tidak normal, sehingga para calon pendonor bisa mengetahui kondisi kesehatan mereka," kata Marzuki.

Selama kegiatan donor darah, kata dia, petugas PMI juga memberikan pemahaman kepada para relawan dan masyarakat sekitar yang hadir akan pentingnya kegiatan donor darah.

Baca Juga: Mengungkap Satu Efek Utama Mengkonsumsi Minyak Zaitun, Studi Terbaru: Ini Adalah Studi dengan Bukti Konsep

Halaman:

Editor: Yayang Hardita

Sumber: antaranews.com


Tags

Terkini

x