DPR Meminta TNI untuk Segera Menganalisa Penyebab Hilangnya Kontak dengan KRI Nanggala-402

- 22 April 2021, 15:38 WIB
Kapal Selam KRI Nanggala 402 Milik TNI AL Hilang Kontak di Perairan Laut Bali
Kapal Selam KRI Nanggala 402 Milik TNI AL Hilang Kontak di Perairan Laut Bali /Aini/pixabay/Engin_Akyurt

KABAR BESUKI – Melalui Ketua DPR RI Puan Maharani meminta TNI harus menganalisis secara detail terkait dengan penyebab hilangnya kontak KRI Nanggala-402 di perairan Bali bagian utara, Rabu 21 April 2021.

"Agar diidentifikasi penyebabnya apakah faktor usia kapal atau sebab lainnya? Jika karena usia kapal selam yang sudah tua, alutsista TNI AL harus dimodernisasi," kata Puan dalam keterangannya di Jakarta, Kamis.

Diketahui hilangnya kapal selam milik TNI AL Indonesia ini baru pertama kali terjadi.

Baca Juga: 7 Cara Sederhana Tips Ampuh Harmonis dalam Rumah Tangga, Dijamin Makin Lengket

Puan menjelaskan bahwa TNI AL merupakan proyeksi kekuatan maritim di laut atauvectors of sea power yang mengemban fungsi pertahanan di laut, penegakan hukum di laut, dan diplomasi, sebagaimana dilansir Kabar Besuki dari Antara.

Selain itu, kata Puan, TNI AL juga merupakan elemen yang sangat penting dalam strategi penangkalan ataudeterrence strategy secara menyeluruh.

Oleh karena itu, Puan memandang perlu TNI AL membina unsur-unsur dari sistem senjata armada terpadunya (SSAT) agar memiliki kesiapan tempur yang tinggi dalam rangka menjamin kedaulatan dan keamanan di dan atau lewat laut perairan yurisdiksi nasional Indonesia.

Baca Juga: Proses Pencarian Kapal KRI Nanggala 402, Indonesia Dapat Bantuan Tim Penyelamat dari Negara Tetangga

"Karena sebagai salah satu negara kepulauan terbesar dunia, sudah sepatutnya Indonesia memiliki kapal selam dan alutsista lain yang modern," ujarnya.

Halaman:

Editor: Prasetyo Bagus Pramono

Sumber: ANTARA


Tags

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x