Gugurnya 53 Awak Kapal KRI Nanggala-402 Diperkuat Bukti Otentik dari Pemindaian Akurat melalui Multibeam Sonar

- 25 April 2021, 19:01 WIB
Foto: RI Nanggala-402
Foto: RI Nanggala-402 /Gisela R/ M Risyal Hidayat /Rianti S/Antara Foto/via REUTERS/Files

KABAR BESUKI – Pencarian kapal selam KRI Nanggala-402 kini menuai kabar duka. Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto resmi mengumumkan bahwa 53 prajurit terbaik Hiu Kencana telah gugur dalam penugasan di perairan utara Bali.

"Dengan kesedihan yang mendalam selaku Panglima TNI saya nyatakan bahwa 53 personel yang ada di KRI Nanggala-402 telah gugur. Prajurit-prajurit terbaik Hiu Kencana telah gugur saat melaksanakan tugas di perairan Utara Bali," kata Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dalam konferensi pers di Base Ops Lanud Ngurah Rai, Badung, Bali, Minggu, dikutip Kabar Besuki dari laman ANTARA pada 25 April 2021.

Dari hasil penelusuran, Ia mengatakan bahwa KRI Nanggala-402 dinyatakan telah tenggelam dan seluruh awaknya telah gugur diperkuat dengan penemuan bukti-bukti otentik setelah dilakukan pemindaian secara akurat.

Baca Juga: Sholat Gaib untuk 53 Awak Kapal KRI Nanggala-402, MUI: Mari Kita Laksanakan Sholat Gaib

"KRI Rigel telah melakukan pemindaian cara lebih akurat di lokasi tersebut menggunakan multibeam sonar dan magneto meter dan telah menghasilkan citra bawah air yang lebih detil. MV Swift Rescue telah menurunkan ROV untuk memperkuat citra bahwa air secara visual menggunakan kamera," katanya.

Dari hasil pemindaian tersebut telah ditemukan dan dikonfirmasi bahwa itu merupakan bagian dari KRI Nanggala-402 yakni meliputi kemudi vertikal belakang, jangkar bagian luar badan, tekan kemudi selam timbul bagian kapal yang lain termasuk baju keselamatan awak kapal MK11.

Baca Juga: UPDATE KRI Nanggala-402 Seluruh Awak Gugur, Panglima TNI Ungkap Bukti Otentik

Terkait penemuan ini, Panglima TNI mengatakan duka mendalam dari tenggelamnya dan gugurnya personel KRI Nanggala-402.

"Atas nama seluruh prajurit dan keluarga besar prajurit selaku Panglima TNI saya sampaikan rasa duka cita yang sedalam-dalamnya kepada seluruh keluarga prajurit yang gugur. Semoga Tuhan Yang Maha Besar memberikan keikhlasan kesabaran dan ketabahan rasa duka cita tersebut," katanya.

Halaman:

Editor: Yayang Hardita

Sumber: Antaranews.com


Tags

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x