Meskipun Sulit KSAL Tetap Ingin Angkat KRI Nanggala ke Permukaan, Begini Skenario Pengangkatannya

- 26 April 2021, 17:04 WIB
Kapal Selam KRI Nanggala-402
Kapal Selam KRI Nanggala-402 /Dicky S/Instagram/@defencefiew

KABAR BESUKI - Kepala Staf TNI AL (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono menegaskan, pihaknya akan berusaha mengangkat kapal selam KRI Nanggala 402. Namun, masih menunggu keputusan pemerintah.

Yudo mengatakan, organisasi International Submarine Escape and Rescue Liaison Office (ISMERLO) menawarkan untuk membantu mengangkat KRI Nanggala 402 yang telah dinyatakan tenggelam (sub sunk).

"Kita akan berusaha untuk bisa mengangkat kapal ini walaupun dengan kedalaman 838 meter tadi dan tentunya dalam organisasi ISMERLO juga ada rekan-rekan kita dari luar menawarkan ini," ujar Yudo dalam konferensi pers, Minggu, 25 April 2021.

Baca Juga: Sering Merasa Nyeri Payudara? Berikut Beberapa Penyebabnya, Salah Satunya Bisa Jadi Kanker Payudara

Dikutip Kabar Besuki dari Antara, Yudo mengatakan, pemerintah yang berhak memutuskan apakah KRI Nanggala 402 bakal diangkat atau tidak. Kasal sudah mengajukan ke Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto yang akan diteruskan ke pemerintah.

"Namun demikian karena ini perlu keputusan pemerintah tentunya saya akan mengajukan ke Panglima TNI yang secara berjenjang ke atas nanti walaupun sudah ada keputusan kita akan angkat," ujar Yudo.

Korps Hiu Kencana juga meminta agar KRI Nanggala 402 ini bisa diangkat. "Tadi juga warga Hiu Kencana meminta untuk kapal ini bisa diangkat, ini langkah yang akan kita ajukan ke atas," kata Yudo.

Baca Juga: Curi Burung Cendet dan Sempat Cabuti Bulunya, Pemuda Benculuk Diamankan Polisi Hingga Korban Rugi Rp7 Juta

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menyampaikan kabar duka terkait tenggelamnya kapal selam KRI Nanggala 402. Panglima TNI memastikan seluruh awak yang berada dalam kapal selam tersebut meninggal dunia. Berdasarkan informasi, ada 53 orang yang berada di dalam KRI Nanggala 402.

Halaman:

Editor: Yayang Hardita

Sumber: Antaranews.com


Tags

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x