Biaya Pengiriman Gratis, Pelaku UMKM Sangat Antusias Menyambut Program yang Difasilitasi Pemerintah

- 27 April 2021, 10:14 WIB
Kerja sama antara Pemkab Banyuwangi dengan PT. Pos Indonesia untuk program ongkir gratis./Instagram/@ipukfdani
Kerja sama antara Pemkab Banyuwangi dengan PT. Pos Indonesia untuk program ongkir gratis./Instagram/@ipukfdani //Dicky/

KABAR BESUKI - Sejumlah pelaku usaha mikro-kecil di Banyuwangi mulai memanfaatkan program gratis Ongkos Kirim (Ongkir) ke seluruh Indonesia yang digagas Pemkab Banyuwangi. Mereka antusias menyambut program pertama di Indonesia yang difasilitasi pemerintah daerah ini.

Salah satu yang memanfaatkan bebas ongkir ini adalah Nisha Amira, pemilik produk makanan olahan "Anisa". Selama ini, dia sering mengirim produknya ke beberapa kota di Indonesia.

“Alhamdulillah, sangat membantu di tengah orderan dari luar kota berdatangan. Saat saya kasih tahu kalau ada gratis ongkir, pelanggan langsung menambah pesanannya. Alhamdulillah,” ucap Nisha di Kantor Pos Banyuwangi, Senin, 26 April 2021.

Baca Juga: Khawatir Limbah Warga Tolak Pengeboran Migas, Pemkab Pamekasan: Justru Masyarakat Nantinya akan Diuntungkan

Program gratis ongkir ini, kata Nisha, berhasil menambah order dari luar kota. Di tengah larangan mudik, banyak orang memilih mengirim oleh-oleh ke kerabatnya sebagai obat rindu. Nisha mendapat berkah, karena banyak pelanggan yang akhirnya order ulang untuk dikirim ke kerabatnya yang lain.

“Banyak pelanggan yang kirim produk dari saya ke saudara-saudaranya karena tidak bisa pulang. Setelah tahu ada gratis ongkir, mereka memberi tahu kerabatnya yang lain, dan akhirnya ikut order ke saya juga,” ucapnya gembira.

Dikutip Kabar Besuki dari laman resmi Kabupaten Banyuwangi, Pemkab Banyuwangi memang telah meluncurkan program gratis ongkir bagi usaha mikro-kecil ke seluruh Indonesia. Semua biaya pengiriman melalui PT Pos ditanggung Pemkab Banyuwangi.

Baca Juga: Sinopsis The War With Grandpa, Tayang di Bioskop: Hubungan Cucu dan Kakek yang Penuh Pertikaian dan Prank

Pelaku usaha lainnya, pemilik De Rilief Jaya, Awalul, mengirimkan paket makanannya ke Surabaya, Bali, Malang, dan Cirebon. Produksinya berupa keripik ikan, tahu krispi sambal petis, sale pisang balur tepung, dan banana strip salut coklat milo. “Ini sangat membantu kami,” kata Awalul.

Halaman:

Editor: Ayu Nida LF

Sumber: banyuwangikab.go.id


Tags

Terkini

x