Ramai Soal Bangunkan Sahur dengan Toa Masjid, Menag Himbau Masyarakat Bangunkan Sahur dengan Cara yang Santun

- 27 April 2021, 15:54 WIB
Foto: Ilustrasi masjid
Foto: Ilustrasi masjid /Gisela R/Unsplash/usamasherkhan

KABAR BESUKI – Sempat ramai di dunia maya mengenai protes artis Zaskia Mecca mengenai cara membangunkan sahur yang dinilai membuat beberapa orang kurang nyaman.

Dalam hal ini, Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Kementerian Agama, Mohammad Agus Salim menyebut membangunkan orang untuk melakukan sahur adalah perbuatan baik. Namun, hal tersebut harus dilakukan cara santun.

"Membangunkan sahur itu adalah perbuatan baik, tapi juga perlu dilakukan dengan cara yang santun dan baik untuk menambah kualitas kebaikan itu sendiri," ungkap Agus dalam keterangannya, dikutip Kabar Besuki dari laman PMJ News pada 26 April 2021.

Baca Juga: Jika Anda Melihat Sesuatu Ini pada Kuku Anda, Bisa Jadi Itu Pertanda Paru-paru Anda dalam Bahaya!

Terkait hal ini Agus juga menegaskan, bahwa cara santun harus dikedepankan agar tak mengganggu hak-hak orang lain. Ia mencontohkan ada orang yang dalam kondisi, memiliki bayi atau anak kecil, hingga warga nonmuslim.

Menghormati hak orang lain saat membangunkan orang sahur menurutnya sejalan dengan semangat moderasi beragama yang dalam beberapa tahun terakhir didengungkan Kemenag.

"Dengan kemajemukan dan multikultur masyarakat Indonesia, maka pentingnya implementasi moderasi beragama di tengah kemajemukan masyarakat untuk merawat harmoni antar agama dan tradisi kebudayaan masyarakat setempat," tukasnya.

Baca Juga: Cobain, 5 Resep Kue Cocok Disajikan Pada Saat Hari Raya, Bisa Bikin Sendiri Tanpa Ribet

Sebelumnya Zaskia Mecca memang sempat melayangkan protes lewat akun instagramnya dikarenakan seseorang membangunkan sahur dengan cara berteriak dan menggunakan kata-kata yang kurang enak didengar menggunakan Toa Masjid.

Halaman:

Editor: Yayang Hardita

Sumber: pmjnews.com


Tags

Terkini