Tidak Hanya KRI Nanggala-402, Ini Daftar Kecelakaan Kapal Selam dalam Sejarah Dunia, Seluruh Kru Gugur

- 28 April 2021, 14:26 WIB
Foto: Gambar Kapal Selam KRI Nanggala-402
Foto: Gambar Kapal Selam KRI Nanggala-402 /Dicky S/Instagram/@unichegallery

KABAR BESUKI – Tragedi tenggelamnya KRI Nanggala 402 di perairan utara Bali bukan yang pertama terjadi di dunia. Tragedi yang menyebabkan 53 awak gugur ini adalah yang pertama kali terjadi di Indonesia. Tenggelamnya kapal selam KRI Nanggala-402 memberikan luka mendalam bagi seluruh masyarakat Indonesia serta keluarga awak kapalnya.

KRI Nanggala-402 merupakan salah satu kapal selam milik TNI AL, yang sudah beroperasi cukup lama.

Melansir dari Antara, sejarah dunia tercatat beberapa kali tragedi memilukan yang dialami kapal selam, meskipun bisa dikatakan jarang kejadian tersebut mengakibat duka yang mendalam bagi negara maupun keluarga.

Baca Juga: Sering Dilakukan! 5 Kesalahan Perawatan Ini Justru Bikin Pori-pori Semakin Membesar

Memang, tidak semua negara memiliki kapal selam, beruntung Indonesia masih memiliki Kapal Selam lainnya selain KRI Nanggala-402. Diketahui, dari tragedi kapal selam seluruh kru gugur dalam kecelakaan tersebut tragis tersebut.

Berikut beberapa kecelakaan kapal selam yang terjadi pada dua dekade terakhir ini:

1.KRI Nanggala-402

KRI Nanggala-402 ini mempunyai panjang 59,5 meter dan diproduksi dari Jerman. Kapal Nanggala-402 dipesan secara lansung pada tahun 1979 dan diserahkan pada Indonesia tahun 1981.

Kejadian tenggelamnya KRI Nanggala-402 terjadi setelah hilang kontak pada 21 April 2021, penyebabnya masih dalam penyelidikan namun diduga akibat keretakan material kapal.

Halaman:

Editor: Yayang Hardita

Sumber: Antaranews.com


Tags

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x