Sejahterakan Masyarakat Melalui Jaminan Kesehatan, BPPAD Probolinggo: Hanya untuk yang Kurang Mampu

- 28 April 2021, 14:50 WIB
Foto Bupati Probolinggo memimpin Rapat Kordinasi
Foto Bupati Probolinggo memimpin Rapat Kordinasi /Aini/Instagram.com/humas_kab_prob

KABAR BESUKI – Pemerintah Kota dan Kabupaten Probolinggo mendukung penuh program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) sebagai upaya mensejahterakan warganya dalam hal pemenuhan pelayanan kesehatan.

Menurut Jurianto Kepala Bidang Anggaran Badan Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPPKAD) Kabupaten Probolinggo mengatakan program dengan bentuk kepedulian yang tinggi antar sesama selalu jadi prioritas pemerintah untuk menjaga keberlangsungannya.

"Bentuk dukungan yang diberikan oleh Pemerintah Kabupaten Probolinggo ini sudah sangat luar biasa. Berbagai kalangan dari masyarakat kurang mampu, ASN (Aparatur Sipil Negara) hingga tenaga honorer sudah diberikan akses mudah dalam memanfaatkan program JKN-KIS," kata Jurinto, yang dikutip dari Antara, Rabu, 28 April 2021.

Baca Juga: Hasil Studi: Rutin Mengonsumsi Tahu Ternyata Bisa Turunkan Risiko Penyakit Jantung

Di sisi lain, lanjut dia, jenis kepesertaan program JKN-KIS saat ini memang beragam. Dimulai dari peserta mandiri atau Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU), peserta yang terdaftar melalui perusahaan atau Pekerja Penerima Upah (PPU), hingga peserta kurang mampu melalui segmen Penerima Bantuan Iuran (PBI).

"Dari Ibu Bupati selalu berkomitmen agar seluruh warganya bisa merasakan kemudahan yang sama saat mengakses fasilitas kesehatan. Terlebih dari kalangan masyarakat yang mampu namun belum terdaftar juga didorong agar mendaftar melalui jalur mandiri,” ujar Jurinto.

Pihaknya berharap antusiasme masyarakat yang mendaftar sebagai peserta mandiri turut meningkatkan jumlah kepesertaan JKN-KIS di Kabupaten Probolinggo, sehingga impian meraih Universal Health Coverage (UHC) bisa segera terwujud.

Baca Juga: Mencekam! Video Mayat Bergelimpangan Akibat Penularan Varian Covid-19 Terbaru di India [Cek Fakta]

Hingga April 2021, cakupan kepesertaan Kabupaten Probolinggo telah mencapai 969.313 jiwa atau sekitar 84,57 persen dari jumlah penduduk yang ada.

Halaman:

Editor: Yayang Hardita

Sumber: ANTARA Jatim


Tags

Terkini

x