Manfaatkan Larangan Mudik, Sejumlah Sopir Travel Gelap Sengaja Naikkan Tarif

- 29 April 2021, 17:06 WIB
foto: Ilustrasi Mudik
foto: Ilustrasi Mudik /Prasetyo P//ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman

KABAR BESUKI – Adanya larangan mudik rupanya membuat sebagian oknum memanfaatkan keadaan tersebut. Sebanyak 115 travel gelap diamankan pihak kepolisian terkait dengan penawaran jasa travel yang tidak sesuai dengan protokol kesehatan yang sudah ditetapkan oleh pemerintah.

Menurut pengakuan salah satu sopir travel gelap, Sofyan, Ia terpaksa menawarkan perjalanan mudik melalui travel gelap karena tidak memiliki pekerjaan sampingan lain yang menjadi pemasukan ekonominya.

"Ini kali kedua saya kena tindak travel gelap seperti ini, kena karena ada aturan mengenai Covid-19. Kalau tidak kena aturan ini, ya saya bakalan tetap jalan (menjadi sopir travel gelap) karena ini pekerjaan utama saya, tidak ada yang lain," ujar Sofyan kepada wartawan, dikutip Kabar Besuki dari laman PMJ News pada 29 April 2021.

Baca Juga: Bukti Penelitian: Wanita Ternyata Lebih Rentan Tertarik dengan Pria Psikopat

Ia juga mengaku menetapkan aturan tarif yang berbeda ketika mengangkut penumpang di musim jelang Lebaran ini.

Walupun ada kenaikan dalam jasa travel yang ia tawarkan, namun Ia tidak menyediakan syarat melakukan perjalanan yang sudah ditetapkan yakni tes rapid antigen.

"Mobil saya ini tujuannya hanya Jakarta-Tegal, tarifnya untuk satu orang Rp250 ribu, sementara biasanya hanya Rp120-150 ribu. Ini kenapa saya naikan, ya karena dari kampung kan kosong, biar seenggaknya ada transport dulu biaya buat jalan makanya dinaikin harganya," sambungnya.

Baca Juga: Info Mudik Lebaran 2021: Orang Sakit Boleh Lakukan Perjalanan Antar kota dengan Membawa Syarat Ini

"Travel gelap kayak gini memang banyak sih ya, ada yang tujuannya ke kota lain dengan tarif yang emang dinaikan dua kali lipat. Tapi enggak sama tes (rapid test antigen atau PCR), kita terima bayaran cuma antar aja dari tempat jemput ke tujuan," ujar Sofyan.

Halaman:

Editor: Ayu Nida LF

Sumber: PMJ News


Tags

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x