Video Viral Tentang Akan Adanya Tsunami di Pulau Bali, Kepala BPBD Provinsi Bali Angkat Bicara

- 30 April 2021, 15:27 WIB
Foto: Ilustrasi gambar gelombang tsunami
Foto: Ilustrasi gambar gelombang tsunami /Dicky S/Instagram/@weldon88

KABAR BESUKI - Media sosial TikTok, beredar video yang isinya menyebutkan soal tsunami di Bali.

Pengunggah, akun @YogaPramana, yang membagikan video itu menanyakan apakah informasi dalam video itu benar.

Dalam video itu, seorang pria menjelaskan keterangan pada layar di depannya bahwa terjadi tsunami di Bali pada 26 April 2021 dengan ketinggian 7 meter. 

Baca Juga: Turun Langsung Lakukan Pembersihan, BPBD Banjarnegara Himbau Warga Tidak Termakan Berita Hoaks

“Tsunami PD-3.1 Tanggal 26-04-2021 jam 09.20 WIB berdasarkan pengamatan muka air laut, tsunami telah terdeteksi lokasi di Benoa 8.77 dan 115.22 waktu 09.18 WIB dengan ketinggian 7 meter. Tsunami dan sekitaran Badung Pantai Kuta dan Kuta Selatan status Awas agar semua masyarakat dievakuasi secara menyeluruh. Informasi dari BMKG,” demikian ujar petugas berseragam BPBD tersebut.

"Tsunami dan sekitaran Badung Pantai Kuta dan Kuta Selatan status Awas agar semua masyarakat dievakuasi secara menyeluruh. Informasi dari BMKG," lanjutnya.

Video itu ternyata merupakan simulasi tsunami yang dilakukan BPBD Provinsi Bali pada Senin, 26 April 2021 lalu. Simulasi itu dilakukan untuk memberikan sosialisasi mengenai SOP baru dalam menghadapi tsunami.

"Kegiatan ini memastikan personel BPBD Bali tidak gagap saat evakuasi bencana alam. Apalagi Bali menjadi salah satu daerah paling rawan gempa dan tsunami," jelas Sekretaris BPBD Provinsi Bali, Gede Teja seperti dikutip Kabar Besuki dari BPBD Provinsi Bali.

Baca Juga: Puluhan Orang Tewas Terinjak-injak dalam Acara Keagamaan Yahudi di Israel yang Dihadiri Puluhan Ribu Jemaat

Halaman:

Editor: Yayang Hardita

Sumber: TikTok


Tags

Terkini

x