Dikabarkan Akan Beli Alutsista Baru, Ini Kecanggihan 2 Kapal Selam Calon Pengganti KRI Nanggala-402

- 1 Mei 2021, 22:18 WIB
Foto kapal selam Riachuelo milik Brazil
Foto kapal selam Riachuelo milik Brazil /Aini/dari laman indomiliter.com

KABAR BESUKI – Kapal selam merupakan salah satu Alat Utama Sistem Senjata (Alutsista) strategis yang menjadi target modernisasi di era kepemimpinan Menteri Pertahanan Letnan Jenderal TNI (Purn) Prabowo Subianto.

Terkait hal tersebut, Prabowo kemudian melakukan safari dan kunjungan ke berbagai negara untuk melakukan penjajakan, diantaranya adalah Jerman dan Perancis.

Dua negara ini merupakan pembuat kapal selam terbaik dengan pengguna tersebar di berbagai belahan dunia.

Baca Juga: Gawat! Ditemukan Ranjau Bawah Laut di Sekitar Lokasi Tenggelamnya KRI Nanggala 402, Ini Faktanya

Dilansir Kabar Besuki dari laman Info Komando, ada dua jenis kapal selam yang saat ini menjadi incaran Prabowo yaitu Riachuelo Class buatan Perancis dan U214 class buatan Jerman.

Kapal selam Riachuelo

Per Desember 2020, Kementerian Pertahanan (Kemenhan) dilaporkan telah berdiskusi dengan Naval Group yaitu konsorsium perusahaan galangan kapal asal Perancis.

Indonesia dikabarkan tengah menjajaki pemesanan kapal selam kelas Riachuelo, yang merupakan modifikasi dari kelas Scorpene.

Sedangkan Scorpene sendiri adalah kapal selam konvensional yang dirancang oleh Naval Group (Perancis) untuk pasar ekspor. Ada yang menarik, Naval Group menawarkan adanya opsi transfer teknologi bagi negara manapun yang membeli kapal selamnya.

Halaman:

Editor: Yayang Hardita

Sumber: Instagram @movreview


Tags

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x