Varian Baru Covid-19 Asal India dan Afrika Sudah Masuk ke Indonesia, Kemenkes: Ada di Jakarta dan Bali

- 4 Mei 2021, 05:06 WIB
Foto: Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin
Foto: Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin /Dicky S/Instagram/@kemensetneg.ri

KABAR BESUKI - Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengatakan terdapat dua varian baru Covid-19 yang masuk ke Indonesia.

Varian Covid-19 tersebut berasal dari India dan Afrika Selatan yang telah ditemukan di Jakarta dan Bali.

"Sudah ada mutasi baru yang masuk yaitu mutasi dari India, ada 2 insiden yang sudah kita lihat dua-duanya di Jakarta dan satu insiden untuk mutasi dari Afrika Selatan yang masuk, itu yang ada di Bali," kata Budi Gunadi usai rapat terbatas di kantor presiden, Jakarta, Senin, 3 Mei 2021.

Baca Juga: Jelang Libur Lebaran 2021, Pemudik Sepeda Motor Padati Ruas Jalur Pantura Jawa

Dikutip Kabar Besuki dari Antara, Budi tak menyebut secara jelas varian virus corona dari India yang dimaksud apakah B1617 atau B117--varian Inggris yang juga menyebar di wilayah India.

Dengan demikian, sejauh ini sudah ada enam varian corona yang berhasil teridentifikasi di Indonesia, yakni varian D614G, B117, N439K, E484K, B1525, dan B1351.

Dalam kesempatan itu, Budi menyebut kasus varian B117 sudah bertambah menjadi 13 kasus. Ia meminta pemerintah daerah dan masyarakat bersinergi dalam mengendalikan pandemi Covid-19 secara bersama-sama.

Menurutnya, varian baru ini menjadi mutasi virus corona yang tengah menjadi perhatian Badan Kesehatan Dunia (WHO) akibat tingkat penularannya yang dinilai masif dan cepat.

"Mutasi ini yang masuk sebagai varian of concern atau mutasi yang memang sangat diperhatikan oleh WHO, karena penularannya relatif lebih tinggi. Ini yang harus kita jaga," ujarnya.

Halaman:

Editor: Yayang Hardita

Sumber: Antaranews.com


Tags

Terkini

x