Inovasi Program Banyuwangi Dapat Sanjungan, Kementerian PPPA: Program Ruang Rindu Harus Direplikasi

- 5 Mei 2021, 14:50 WIB
Program Ruang Rindu./Instagram/@ipukfdani
Program Ruang Rindu./Instagram/@ipukfdani /Dicky septiawan/

KABAR BESUKI - Inovasi Ruang Rindu (Ruang Pemberdayaan dan Perlindungan Ibu-Anak) yang digeber Pemkab Banyuwangi dinilai Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kementerian PPPA) layak direplikasi daerah lain.

Didampingi Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani, Sekretaris Kementerian PPPA, Pribudiarta Nur Sitepu, mengecek langsung pelaksanaan program tersebut, Selasa, 4 Mei 2021. Ruang Rindu sendiri diresmikan pada 21 April 2021 oleh Menteri PPPA, I Gusti Ayu Bintang Darmawati. 

Dilansir Kabar Besuki dari laman resmi Kabupaten Banyuwangi, Pribudiarta mengatakan, Menteri PPPA sangat mengapresiasi Ruang Rindu. Program ini dinilai sangat komprehensif karena tidak hanya memberikan konseling dan pendampingan hukum, medis, dan psikososial, tapi juga ada inovasi kemandirian ekonomi bagi perempuan korban kekerasan. Bahkan ada bantuan alat usaha untuk perempuan korban kekerasan.

Baca Juga: Update Terbaru Harga Emas per 5 Mei 2021, Alami Penurunan Hingga 8000 Ini Rinciannya

“Makanya beliau meminta kami ke Banyuwangi untuk melakukan assessment,” kata Pribudiarta.

Pribudiarta meninjau lokasi Ruang Rindu di kompleks Kantor Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan & KB (Dinsos PPKB). Dia berdialog dengan relawan pendamping korban kekerasan.

Menurut dia, Ruang Rindu merupakan  program yang holistik integratif. Penanganan kasus terkait anak dan perempuan dilakukan dalam satu program dan dikerjakan bareng oleh banyak stakeholder. Mulai lembaga swadaya masyarakat (LSM), tokoh agama, tokoh masyarakat, pemerintah daerah, hingga aparat penegak hukum.

“Model holistik integratif seperti ini belum pernah kami lihat. Biasanya masih bersifat segmented, yang masalah anak diurusi lembaga sendiri, kasus perempuan sendiri. Namun Ruang Rindu menyatukannya," kata Sesmen.

Baca Juga: Kenapa Wanita Jutek Lebih Menarik? Inilah 4 Alasan Wanita Jutek Lebih Disukai para Pria

Halaman:

Editor: Ayu Nida LF

Sumber: banyuwangikab.go.id


Tags

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x