Vaksin Novavax 51 Persen Efektif Melawan Virus Corona Varian Afrika Selatan B1351, Berdasarkan Studi

- 6 Mei 2021, 09:31 WIB
Ilustrasi vaksin Novavax
Ilustrasi vaksin Novavax /Dado Ruvic/REUTERS

KABAR BESUKI - Menurut analisis terbaru yang diterbitkan pada Rabu 5 Mei 2021, Vaksin Novavax memiliki 51 persen tingkat efikasi atau kemanjuran terhadap infeksi Covid-19 yang disebabkan oleh varian dari Afrika Selatan.

Varian asal Afrika Selatan yang dikenal dengan B.1.351, diperkirakan tidak efektif dari perlindungan yang diberikan oleh sejumlah vaksin Covid-19.

Setiap perusahaan pembuat vaksin saat ini tengah bekerja keras menguji coba vaksin miliknya yang dapat melindungi penerima dari varian-varian baru Covid-19.

Baca Juga: Kemenag Izinkan Shalat Idul Fitri 1442 H di Masjid dan Lapangan Terbuka Hanya Bagi Wilayah Zona Aman Covid-19

Menurut studi ini vaksin tersebut manjur diberikan kepada orang-orang yang tidak terinfeksi atau negatif HIV, dan 43 persen kemanjuran terhadap kelompok yang positif HIV.

Studi tersebut diterbitkan di New England Journal of Medicine bersama dengan data lengkap dari hasil uji coba perusahaan Novavax yang ada di Afrika Selatan, seperti dilansir dari Reuters.

Studi ini mencakup hampir 2.700 sukarelawan yang sebelumnya tidak terinfeksi virus corona.

Baca Juga: Memiliki Kebiasaan Bangun Pagi Ternyata Bisa Bikin Panjang Umur, Studi Ungkap Alasannya

Januari lalu, Novavax menunjukkan 60 persen kemanjuran terhadap gejala Covid-19 di Afrika Selatan yang menganalisis campuran virus asli dan varian B.1.351 bagi pasien yang negatif HIV.

Halaman:

Editor: Yayang Hardita

Sumber: REUTERS


Tags

Terkini

x