Jadi Favorit Banyak Orang, Ceker Ayam Ternyata Bisa Bikin Kulit Awet Muda

- 7 Mei 2021, 09:55 WIB
ilustrasi foto masakan ceker ayam/pixabay Jyleen21    Area lampiran
ilustrasi foto masakan ceker ayam/pixabay Jyleen21 Area lampiran /

KABAR BESUKI – Ceker ayam atau kaki ayam merupakan salah satu bagian ayam yang menjadi favorit sebagian orang untuk dikonsumsi. Ceker ayam ini bisa dijadikan berbagai olahan masakan.

Di Indonesia sendiri, ceker ayam bisa diolah menjadi, sup ceker, tumis, sate, hingga seblak ceker yang sangat diminati oleh banyak orang. Bagian ceker ini memiliki tekstur lembut dan kenyal.  Apalagi jika dimasak hingga empuk sampai ke tulangnya.

Selain memiliki citarasa yang lezat, ceker ayam ternyata memiliki beragam manfaat bagi kesehatan dan kecantikan. Bahkan, sebuah penelitian terbaru mengungkap bahwa, ceker ayam bisa bermanfaat bagi kecantikan kulit wajah.

Baca Juga: Waspada! Sering Makan Ayam Bisa Tingkatkan Risiko Terkena Kanker, Penelitian Jelaskan Penyebabnya

Ceker ayam terdiri dari kulit, tulang rawan, tendon, dan beberapa saluran otot ini ternyata menyimpan kandungan kolagen yang dipercaya bisa menjaga kulit agar terlihat awet muda.

Dilansir Kabar Besuki dari Nextshark.com, berdasarkan penelitian yang dilakukan Departemen Ilmu Hewan Universitas Chung-Hsing Nasional mengungkap bahwa, ceker ayam mengandung banyak kolagen yang bermanfaat bagi peremajaan kulit.

Kolagen ini juga berfungsi untuk membantu menjaga kesehatan kulit, memperkuat struktur pembuluh darah, memperkuat struktur tulang, dan melindungi lapisan saluran pencernaan.

Selain itu, menurut National Library of Medicine kolagen sendiri adalah protein yang paling melimpah di tubuh, terhitung hampir seperempat dari total massa protein. Kolagen ini berfungsi untuk memberikan kekuatan untuk tulang, ligament, tendon, dan struktur untuk menyembuhkan luka kulit.

Baca Juga: Dibanding Pria, Wanita Ternyata Lebih Rentan Terkena Stroke, Ini Penyebabnya

Halaman:

Editor: Ayu Nida LF

Sumber: Nextshark


Tags

Terkini

x