‘Mengintip’ Tradisi Ramadhan Muslim Kota Oxford di Inggris dalam Kondisi Pandemi COVID-19

- 9 Mei 2021, 21:11 WIB
Ilustrasi acara berbuka puasa sesama muslim di Inggris
Ilustrasi acara berbuka puasa sesama muslim di Inggris /Pexels/mentatdgt

KABAR BESUKI – Di tengah pandemi COVID-19 saat ini tidak menyurutkan keinginan warga muslim di Kota Oxford Inggris untuk memeriahkan Ramadhan sekalipun dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat guna mengantisipasi penyebaran virus corona.

Seperti yang diketahui, pandemi mengubah banyak hal terhadap ritual tradisi muslim di Oxford dan Inggris Raya secara umum. Muslim di Oxford mematuhi protokol kesehatan yang sudah ditetapkan pemerintah Inggris.

Menurut Imam Nabeel, Imam besar Oxford Central Mosque, muslim Oxford juga berusaha agar tetap ada kegiatan Ramadhan, sehingga masjid tidak menjadi sepi.

Baca Juga: Harga Sapi Berkisar Rp110 Ribu, Gubernur Jatim Khofifah: Tenang ‘Emak-Emak’ Harga Kebutuhan Pokok Stabil

Selain itu, takmir Oxford Central Mosque menyelenggarakan buka bersama tiap hari Jumat pada Ramadhan kali ini, yang diikuti sekitar 50 warga muslim lintas negara yang bermukim di kota itu.

Proses penyelenggaraan acara, mengikuti anjuran dari pemerintah Inggris dan juga otoritas setempat terkait penyelenggaraan ibadah dan ritual agama yang melibatkan banyak orang.

Buka bersama ini setelah pengajian rutin pada sore hari setiap Jumat, yang kemudian dilanjutkan dengan shalat Maghrib, shalat Isya dan juga tarawih, katanya.

Dilansir Kabar Besuki dari Antara, kegiatan buka bersama itu diikuti oleh warga muslim dari lintas negara yaitu diaspora muslim dari India, Pakistan, Turki, hingga Nigeria dan Aljazair.

Baca Juga: Kementerian Kelautan dan Perikanan Lepas 21.000 Benih Lobster Hasil Sitaan di Perairan Banyuwangi

Halaman:

Editor: Yayang Hardita

Sumber: Antaranews.com


Tags

Terkini

x