Malaysia Resmi Terapkan Lockdown Nasional Sampai Bulan Juni untuk Atasi Penyebaran Virus Covid-19

- 11 Mei 2021, 07:40 WIB
Twin Towers ikon Negara Malaysia
Twin Towers ikon Negara Malaysia /@imagesofmalaysia/Instagram

KABAR BESUKI - Pemerintah Malaysia memberlakukan lockdown nasional baru. Keputusan ini datang ketika negara itu bergulat dengan lonjakan kasus virus Corona dan varian yang sangat menular, yang menurut pemerintah sedang menguji sistem kesehatannya.

Perdana Menteri Malaysia, Muhyiddin Yassin mengatakan, semua perjalanan antar negara bagian dan antar distrik akan dilarang, bersama dengan pertemuan sosial.

Dalam pernyataannya, Muhyiddin menyatakan keputusan itu diambil oleh Dewan Keamanan Nasional, badan pembuat keputusan tentang pandemi Malaysia, selama pertemuan yang dipimpin olehnya pada Senin, 10 Mei 2021.

Baca Juga: Ramalan Zodiak Cinta, 11 Mei 2021: Aries Ini Hari yang Romantis dan Sagitarius Mulailah untuk Berbicara

Ini adalah penutupan besar ketiga yang diberlakukan “Negeri Jiran” sejak dimulainya pandemi Covid-19.

Aturan lockdown ini kemungkinan akan menjadi yang paling ketat sejak Maret tahun lalu, ketika hanya sebagian besar ekonomi negara itu ditutup.

Selama penerapan MCO, aktivitas yang mengumpulkan orang banyak dilarang, termasuk kunjungan selama Idul Fitri. Sekolah-sekolah juga diliburkan.

Pembatasan juga diterapkan untuk angkutan, baik kendaraan umum maupun pribadi.

Baca Juga: Ferdinand Hutahaean Berbelasungkawa Atas Wafatnya Ustadz Tengku Zulkarnain: Masih Tetap Tak Percaya Covid-19?

Lockdown harus diberlakukan karena terdeteksi ada penyebaran virus corona jenis mutasi yang lebih cepat menular. Hal itu juga membuat sistem kesehatan agak kerepotan akibat lonjakan pasien.

Halaman:

Editor: Yayang Hardita

Sumber: REUTERS


Tags

Terkini

x