Lebah Bisa Deteksi Covid-19 dengan Cepat, Penelitian dari Belanda Telah Membuktikan Keefektifannya

- 12 Mei 2021, 12:32 WIB
Peneliti dari Belanda melatih lebah untuk dapat mendeteksi Covid-19
Peneliti dari Belanda melatih lebah untuk dapat mendeteksi Covid-19 /slon_dot_pics/pexel.com/

KABAR BESUKI - Kebutuhan tenaga kesehatan untuk melakukan diagnosis dan deteksi Covid-19 dengan cepat telah membuat sejumlah dokter dan ilmuwan mencari alternatif yang lebih cepat dan terjangkau.

Salah satunya adalah peneliti dari Wageningen University & Research di Belanda telah menemukan cara untuk melatih lebah madu mendeteksi virus SARS-CoV-2 dengan sangat cepat.

Para ilmuwan berhasil melatih 150 lebah madu untuk menjulurkan lidah mereka setiap kali lebah-lebah tersebut mendeteksi keberadaan SARS-CoV-2.

Baca Juga: Geger Unggahan Inul Daratista 'Selamat Menempuh Hidup Baru' Saat Foto Bersama Rizky Billar dan Lesty Kejora

Metodenya adalah para peneliti akan memberi setiap lebah larutan yang manis yang berisi virus corona, dimana lebah akan menjulurkan lidah mereka untuk memperoleh larutan manis tersebut, seperti dilansir dari Washington Post.

Proses tersebut diulang berkali-kali hingga lebah mulai merespons aroma virus corona secara otomatis.

Hingga akhirnya larutan manis itu diberhentikan dan peneliti hanya memberikan sampel yang berisi virus saja, namun lebah-lebah itu tetap menjulurkan lidah ketika mereka merasa sedang dihadapkan dengan virus corona.

"Seekor lebah terlatih dapat mendeteksi sampel yang terinfeksi dalam beberapa detik," menurut peneliti dalam siaran pers.

Baca Juga: 5 Misi Perjalanan Luar Angkasa yang Dijadwalkan Mengudara pada Tahun 2021, Menjadi Babak Baru Ilmu Pengetahuan

Halaman:

Editor: Yayang Hardita

Sumber: Washington Post


Tags

Terkini

x