Sebagian Warga Jember dan Bondowoso Rayakan Lebaran Hari Ini, Penentuan Dilakukan Tanpa Hisab atau Rukyat

- 12 Mei 2021, 16:01 WIB
Ilustrasi sholat Idul Fitri.
Ilustrasi sholat Idul Fitri. /Pexels.com/rawpixel.com/

KABAR BESUKI – Pemerintah resmi menentukan bahwa jadwal hari raya Idul Fitri jatuh pada hari Kamis, 13 Mei 2021 melalui sidang isbat yang digelar pada selasa kemarin.

Namun hal berbeda terjadi pada sebagian umat Muslim di Kabupaten Jember dan Bondowoso, Jawa Timur, yang berada di sekitar Pondok Pesantren Mahfilud Dluror dan Pesantren Salafiyah Syafi'iyah.

Mereka melaksanakan shalat Idul Fitri 1442 Hijriah pada Rabu ini atau lebih awal dari yang ditetapkan pemerintah.

Diketahui bahwa pelaksanaan shalat Id di dua pesantren yang berada di Desa Suger Kidul, Kecamatan Jelbuk, Kabupaten Jember, telah menerapkan protokol kesehatan, seperti menggunakan masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak, serta mendapat pengamanan yang ketat dari aparat kepolisian setempat.

Baca Juga: Sikap Nissa Sabyan Nampak Mulai Beda pada Ayus Hingga Menuai Reaksi Dukungan dari Netizen

"Kami sudah mengimbau kepada masyarakat untuk melaksanakan shalat Id di rumah, namun masyarakat tetap berbondong-bondong datang ke masjid melaksanakan shalat Idul Fitri," kata santri Pesantren Salafiyah Syafi'iyah Chofiwanto di Desa Suger Kidul, dikutip Kabar Besuki dari laman ANTARA pada 12 Mei 2021.

Untuk pelaksanaan sholat Idul Fitri, pihak pesantren juga sudah mengantisipasi kedatangan jamaah dengan menyediakan tempat cuci tangan dan masker bagi jamaah yang lupa tidak membawanya.

"Kami tetap mengimbau jamaah untuk menerapkan protokol kesehatan selama menjalankan ibadah shalat Id karena saat ini masih pandemi COVID-19," ujarnya.

Baca Juga: Rajin Menulis Tangan Ternyata Bisa Tingkatkan Kemampuan Daya Ingat, Ahli Jelaskan Alasannya

Halaman:

Editor: Ayu Nida LF

Sumber: ANTARA


Tags

Terkini

x