Tips Memelihara Kucing Bagi Pemula, Jangan Asal Perhatikan 8 Cara Berikut

- 14 Mei 2021, 14:26 WIB
Ilustrasi Kucing Peliharaan
Ilustrasi Kucing Peliharaan /A Fauzi/TeamK/Pixabay.com

KABAR BESUKI - Memelihara hewan memang butuh persiapan khusus. Seperti hal nya memelihari kucing, apalagi bagi pemula, tentunya harus dipersiapkan dengan baik.

Kucing merupakan hewan yang menjadi idaman bagi para pencintanya, dikatakan beberapa kucing terlihat menggemaskan dan lucu hingga bisa menarik banyak orang orang untuk memeliharanya.

Bagi pemula, mengetahui beberapa hal khusus untuk memelihara kucing tentunya harus dilakukan agar tidak terjadi hal tidak menyenangkan dikemudia hari.

Baca Juga: Lirik dan Chord Gitar We Are The People oleh Martin Garrix feat Bono and The Edge, Lagu Resmi Euro 2020

Beberapa hal yang perlu disiapkan bagi pemula untuk memelihara kucing yakni:

1. Barang yang Perlu Dibeli

Sejumlah  barang yang dibutuhkan oleh kucing nantinya, diantaranya yakni sebagai berikut:

- Kandang (meskipun nantinya kucing anda tidak terus-menerus berada di dalam kandang, namun property ini sangat diperlukan jika ada kondisi darurat)

Baca Juga: Sinopsis My Annoying Brother Tayang di tvN Movies 14 Mei 2021: Dibintangi Jo Jung Suk dan Park Shin Hye

- Tempat makan dan minum

- Kotak pasir

- Pasir (dalam hal ini, ada 3 jenis pasir kucing yang memiliki fungsi berbeda-beda, yakni pasir zeolite, bentonit, dan pasir berupa silica gel. Anda juga bisa menggunakan bahan yang lebih ramah lingkungan seperti padatan serbuk kayu yang bisa terurai dengan alam)

- Sekrup (berguna untuk mengangkat kotoran dari kotak pasir)

- Tempat menggaruk (scratcher)

Baca Juga: RizkI DA Pamer Foto Lebaran Tanpa Nadya Mustika dan sang Anak, Warganet : Gak Punya Hati

- Makanan

Semua barang itu harus disiapkan.

2. Tempat yang Nyaman

Kucing memerlukan tempat yang nyaman. Menyediakan ruangan khusus untuk kucing jika nantinya anda berniat memelihara lebih dari 1 kucing.

Anda bisa memilih sudut ruangan sebagai tempat yang nyaman bagi kucing tersebut. Beberapa jenis kucing suka tidur di alas yang tebal, dan beberapa kucing lainnya ada yang suka tidur di lantai, dan ada baiknya anda menyiapkan kasur kucing jika diperlukan.

Ketika anda menggunakan kandang kucing yang bisa digunakan untuk beristirahat, maka disarankan untuk menerapkan tips agar kandang kucing tidak bau berikut. Dikarenakan memang semakin sering kucing bermain di sana, akan cukup berbau juga meski kucing rajin dimandikan sekalipun.

Baca Juga: 5 Cara Alami Mengobati Amandel Tanpa Bahan Kimia dan Tanpa Bahaya, Ini Bahannya

3. Membawa Kucing Pulang

Sebuah hal yang wajar terjadi, dimana kucing bakalan terkejut ketika mereka dibawa ke tempat yang baru. Nah hal pertama yang harus anda lakukan adalah, membiarkan si kucing ini mengenali rumah barunya yang akan di tempati.

Lepaskan kucing baru tersebut dari pet cargo, dan biarkan ia berkeliling di sekitar rumah dengan tetap mengawasinya. Jangan lupa untuk memberikan air minum pada kucing anda, mungkin di awal kedatangannya ia sedikit takut untuk berlari-lari.

Namun seiring waktu berjalan mereka akan terbiasa dengan lingkungan barunya itu. Dan setelah itu anda cukup melakukan tips agar kucing tidak kabur dari rumah seperti berikut, karena itu bisa cukup berbahaya bagi kucing itu sendiri.

Baca Juga: Geger Video Presiden Jokowi Pulang Kampung Beredar 'Dia yg larang, dia yg melanggar' [Cek Fakta]

4. Jadwal Kunjungan ke Dokter Hewan

Ada baiknya, sebelum anda memelihara kucing ini mengetahui dulu tentang dokter hewan yang ada disekitar anda. Sebagai hewan peliharaan, kucing ini perlu datang ke dokter untuk memeriksakan kesehatannya, minimal enam bulan sekali untuk pemberian vaksin.

Jika kucing yang anda bawa pulang ini belum mendapatkan vaksin, penting untuk segera memberikannya, namun tunggu hingga kucing benar-benar sudah beradaptasi dengan rumah barunya itu. Atau mungkin ketika terpaksa kabur, coba cara membuat kucing pulang ke rumah berikut.

Baca Juga: Menurut Study Orang-orang yang Rajin Beribadah Memiliki Perasaan Lebih Damai dan Sejahtera

5. Makanan

Persiapan memelihara kucing selanjutnya yang harus anda perhatikan adalah soal makanannya. Anda perlu tahu pentingnya memberikan nutrisi yang seimbang untuk kucing kesayangan anda nanti, karena hal ini tidak bisa diabaikan begitu saja.

Sejumlah makanan kucing komersial sudah banyak tersedia, namun memiliki makanan kucing yang tepat serta bebas dari zat-zat berbahaya bisa merugikan kesehatan dari kucing anda. Jenis makanan kucing untuk gemuk ini juga bisa jadi referensi.

Namun disamping itu, sebelum memberikan makanan pada kucing, pastikan anda mempelajari dulu bahan-bahan yang digunakan untuk pembuatan makanan tersebut, berbahaya bagi kesehatan kucing apa tidak, karena memang ada beberapa yang tidak bisa diberikan sembarang makanan.

Baca Juga: Dinilai Salah Kostum, Ucapan Selamat Lebaran dari Jessica Iskandar Justru Tuai Kritikan Warganet

6. Tempat Mencakar

Kucing memang seringkali mengasah kukunya dengan mencakar-cakar pada permukaan yang memiliki tekstur kasar. Maka dari itu, sangat penting bagi anda untuk menyiapkan tempat mencakar bagi kucing untuk menghindari kerusakan yang disebabkan kegiatan kucing tersebut.

Jika anda tidak menyiapkannya, maka si kucing ini bisa mencakar pada permukaan sofa, kursi rotan, maupun perabotan kayu lainnya dan tentu ini sangat merugikan anda. Atau mungkin kalau suka menggigit, bisa lakukan cara mengatasi kucing suka menggigit sebagai berikut.

Baca Juga: Damai Tentram, Jokowi dan Maruf Jalin Silaturahmi saat Lebaran Meski dengan Nuansa yang Berbeda

7. Kebersihan Adalah Hal Penting

Bisa dikatakan, jika kucing ini menjadi hewan yang sangat menjaga kebersihannya, namun bukan berarti anda bisa mengabaikan jadwal mandi maupun kegiatan membersihkan dia yang lainnya. Minimal anda mandikan kucing dua minggu sekali, jangan lupa juga untuk membersihkan lingkungan tempat bermainnya.

Mencuci tempat makan dan minum, serta membuang kotorannya agar nanti tidak mengganggu pernafasan, dan menghindarkan kucing dari bakteri. Berikut ada ciri-ciri kucing sehat yang penting untuk anda ketahui.
Baca Juga: Presiden Turki Telepon Presiden Rusia Bahas Israel dan Palestina, Erdogan: Israel Harus Diberi Pelajaran 
8. Waktu Luang

Jika anda memutuskan untuk memelihara kucing, maka anda pun juga harus mempersiapkan waktu luang untuk bermain dengannya. Sebagai hewan yang aktif dan energik, kucing ini sangat suka diajak bermain oleh pemiliknya.

Hal ini selain untuk menjaganya dari obesitas, juga untuk mengusir kebosanan karena selalu ada didalam rumah. Anda bisa mengajak kucing bermain, atau mengajaknya jalan-jalan ke taman agar dia merasa bahagia dan menyanyangi pemiliknya.

Itulah beberapa tips bagi pemula untuk memelihara kucing.***

Editor: Ayu Nida LF

Sumber: Arena Hewan


Tags

Terkini

x