Beginilah 'Kunci' Indonesia dalam Upaya Meredam Situasi Panas di Palestina dan Menghentikan Serangan Israel

- 17 Mei 2021, 07:29 WIB
Menlu Retno LP Marsudi pada saat menghadiri pertemuan darurat Organisasi Kerja Sama Islam (OKI)
Menlu Retno LP Marsudi pada saat menghadiri pertemuan darurat Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) /dik.foto/Kemenlu RI/

KABAR BESUKI - Indonesia tidak tinggal diam atas agresi militer Israel baru-baru ini terhadap Palestina.

‘Kunci’ utama Indonesia untuk meredam situasi panas di Palestina dan menghentikan serangan Israel sudah disampaikan di forum internasional.

Tonggak penting ini disampaikan oleh pemerintah Indonesia dalam pertemuan multilateral dengan negara-negara Muslim di seluruh dunia.

Dalam pertemuan tersebut, posisi Indonesia jelas menentang upaya Israel dan menegaskan kembali bahwa Indonesia berada dalam kubu yang mendukung penuh kemerdekaan rakyat Palestina.

Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi mengatakan Indonesia telah mengusulkan langkah-langkah kunci yang dapat diambil oleh negara-negara anggota Organisasi untuk Kerja Sama Islam (OKI) untuk membantu mengakhiri agresi militer Israel terhadap Palestina.

Baca Juga: Upaya Jokowi Terhadap Palestina Dinilai Sia-sia Karena Tak Punya Suara, Rocky Gerung: Itu Kelemahan Indonesia

Menlu Retno mengatakan dalam pertemuan tersebut, pihaknya menegaskan bahwa OKI harus bertemu kembali untuk membahas masalah yang sama, yakni agresi Israel terhadap Palestina.

Menlu Retno juga menggarisbawahi komitmen negara-negara anggota OKI, komitmen negara-negara anggota OKI tidak pernah pudar dan terus bertekad untuk mendukung Palestina dalam memperjuangkan hak-haknya. Sejak OIC lahir, komitmen mereka untuk mendukung kemerdekaan Palestina.

Namun, realitas yang kini disaksikan dunia masih menyaksikan banyak gangguan dalam praktik ibadah di Masjid Al-Aqsa, semakin maraknya pemukiman ilegal, pembatasan pergerakan warga di tanahnya sendiri dan perampasan hak-haknya. dari orang-orang Palestina.

Halaman:

Editor: Aliefia Rizky Nanda Herita

Sumber: ANTARA


Tags

Terkini

x