Menurut Riset: Anak Tunggal Ternyata Lebih Berisiko Mengalami Obesitas, Ini Penyebabnya

- 17 Mei 2021, 10:25 WIB
ilustrasi foto orang obesitas
ilustrasi foto orang obesitas /Jarmoluk/pixabay

KABAR BESUKI – Menjadi seorang anak tunggal tentu memiliki kebahagiaan tersendiri. Pasalnya, menjadi anak tunggal tentu akan lebih diperhatikan dan dimanja oleh orang tua. Namun, ternyata ada sisi negatif dalam segi kesehatan saat menjadi anak tunggal.

Selain cenderung mengalami kesepian, anak tunggal ternyata juga lebih berisiko untuk mengalami masalah kesehatan. Salah satunya adalah rentan mengalami masalah obesitas.

Menurut laporan riset terbaru membuktikan bahwa, anak tunggal cenderung mengalami obesitas dibanding anak-anak yang memiliki banyak saudara.

Baca Juga: Detik-detik Mengerikan Sebelum Israel Hancurkan Gedung Media Al Jazeera dan AP : Beri Kami 10 Menit

Dilansir Kabar Besuki  dari Medical Daily, sebuah penelitian terbaru yang diterbitkan dalam Journal of Nutrition Education and Behavior, para peneliti menemukan bahwa, anak tunggal memiliki risiko lebih tingi mengalami obesitas.

Penelitian tersebut menemukan fakta bahwa, anak tunggal memiliki risiko terkena obesitas 7 persen lebih besar dibandingkan dengan anak yang memiliki saudara kandung.

Hal ini disebabkan karena anak yang tidak memiliki saudara cenderung memiliki kebiasaan makan yang tidak sehat, seperti lebih sering mengonsumsi makanan berlemak dan minuman manis. Sebaliknya, keluarga dengan banyak anak cenderung membuat keputusan makan yang lebih sehat.

Baca Juga: Unggah Video Joget Tiktok Sambil Beri Ucapan Lebaran, Iis Dahlia Kembali Kena Nyinyir Warganet Gara-gara Baju

Penelitian tersebut dilakukan dengan cara mengecek kebiasaan makan sehari-hari dari 62 pasangan ibu dan anak dengan rentang usia 5-7 tahun. Para ibu diminta untuk mengisi kuisioner mengenai makanan yang dikonsumsi anak dalam dua hari kerja dan satu hari libur.

Halaman:

Editor: Yayang Hardita

Sumber: Medical Daily


Tags

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x