Cara Menghilangkan Kutu pada Bulu Kucing dengan 5 Cara Jitu, Simak Selengkapnya

- 17 Mei 2021, 20:30 WIB
Kucing
Kucing /A Fauzi/Stocksnap/pixabay.com

KABAR BESUKI - Kucing merupakan salah satu hewan pilihan banyak orang untuk dipelihara di rumah. Hewan menggemaskan ini memang menjadi favorit dan sangat mudab untuk menjinakannya.

Kucing memiliki bulu yang bermacam. Tergantung pada jenis dan lingkungan dimana dia dilahirkan.

Namun kucing juga memiliki perawatan khusus yang harus dijaga. Seperti halnya bulunya yang musti terawat dengan baik agar tidak dihampiri oleh kutu.

Baca Juga: Prediksi Kesehatan Zodiak 18 Mei 2021: Aquarius Perbanyak Hirup Udara Segar, Aries Kesehatan Prioritas

Bagi kalian yang mempunya hewan peliharaan kucing namun terdapat kutu pada bulunya, cara berikut bisa dijadikan pilihan untuk mengatasinya.

Dilansir dari situs arenahewan.com, inilan 5 cara menghilangkan kutu pada bulu kucing:

1. Minyak Telon atau Tawon

Apabila kamu tidak ingin menggunakan obat – obatan dan ingin benda sekitar saja, kamu bisa memilih minyak telon atau tawon. Minyak yang satu ini bisa kamu dapatkan di toko terdekat rumah kamu maupun apotek – apotek. Minyak ini bisa mengatasi kutu tersebut dengan mengusapkan minyak ini pada bagian yang terkena kutu. Bila kamu belum mengetahui usapkan saja pada sela- sela seperti ketiak, leher atas maupun badan.

Baca Juga: Resep Sayap Ayam Rica Kemangi Enak nan Lezat, Cara Mudah Bikin Ketagihan

2. Bedak Anti Jamur atau Spray Anti Kutu

Tips yang kedua adalah dengan bedak maupun spray. Bedak tak hanya berguna untuk kulit manusia, namun dalam dunia kesehatan bisa digunakan pada bulu kucing untuk menghindari kutu maupun telur kutu. Contohnya bedak anti jamur atau spray anti kutu yang bisa kamu dapatkan di apotek terdekat. Untuk penggunaan spray sendiri,tidak perlu disemprotkan hingga terlihat basah karena bisa berdampak buruk bagi kucing tersebut.

Namun bisa disemprotkan secukupnya tidak lebih tidak kurang yang sesuai petunjuk dari ketentuan penggunaan di kemasannya. Untuk penggunaan bedak pun jangan terlalu berlebihan, karena akan mengakibatkan kulit kucing tersebut terdapat sisa-sisa bedak dan harus dibersihkan juga, karena bila lama mengendapakan menimbulkan penyakit baru pada kucing.

Baca Juga: DPR RI Dukung Transfer Teknologi Pembuatan Vaksin, Puan Support Penghapusan Larangan Ekspor Bahan

3. Suntik Ivermectin

Dalam dunia kedokteran, ivermectin digunakan untuk mengobati infeksi parasit cacing gelang. Dalam hal lain juga digunakan dalam membasmi jamur parasit. Namun dalam beberapa kasus dapat digunakan dalam membasmi kutu tetapi tidak untuk telurnya. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, kamu dapat menyuntikkan kucing 3 kali dalam waktu 3-4 minggu, sebelumnya bisa berkonsultasi lebih dahulu pada dokter hewan ataupun pada ahlinya.

Baca Juga: Ternyata Hanya 20 Persen Orang di Dunia yang Mempunyai Lesung Pipj, Jika Kamu Punya Berarti Termasuk Langka

4. Obat Tetes Pembasmi Kutu

Tips yang bisa kamu coba untuk yang ke-4 adalah dengan obat tetes. Berbeda dengan obat sebelumnya yang disuntik, diusap maupun disemprot. Obat ini bisa kamu lakukan dengan cara ditetes pada bagian yang kamu anggap terdapat kutu seperti tengkuk atau leher bagian atas, karena pada bagian itu berpotensi ada kutu dan yang sulit dijangkau kucing untuk dijilati. Untuk mendapatkan hasil yang masimal dapat dilakukan selama satu bulan sekaligus treatment dalam pencegahan kutu. Sebelum menggunakan obat tetes ini pun kamu wajib membaca aturan pakainya dengan teliti terlebih dahulu karena obat tetes ini tidak dianjurkan pada anak kucing usia dibawah 2 bulan.

Baca Juga: Tradisi Lomban Akan Tetap Dilaksanakan, Kepala Disparbud Jepara: Peserta Terbatas dan Tertutup untuk Penonton

5. Alat Mandi Anti kutu dan Jamur

Kamu bisa memandikan kucing kamu dengan shampoo anti kutu maupun jamur yang bisa didapatkan di pet shop terdekat. Selain kutu juga bisa membasmi telur-telur kutu di bulu kucing kamu. Penggunaannya sama seperti sabun untuk mandi kam, dengan cara mengusapkan samphoo secara merata dan tunggu lima menit kemudian dibilas sampai bersih selama dua minggu sekali.***

Editor: Ayu Nida LF

Sumber: Arena Hewan


Tags

Terkini

x