Gojek dan Tokopedia Resmi Umumkan GoTo Group, Perusahaan Rintisan Baru Berbasis Teknologi Raksasa

- 18 Mei 2021, 15:56 WIB
Ilustrasi gojek/Unsplash/Afif Kusuma
Ilustrasi gojek/Unsplash/Afif Kusuma /

KABAR BESUKI – Dua perusahaan Gojek dan Tokopedia resmi mengumumkan perusahaan rintisan baru yang dikombinasikan dari dua perusahaan tersebut, menciptakan teknologi yang disebut GoTo Group.

Entitas gabungan, yang akan menjangkau belanja online, layanan kurir, pemesanan kendaraan, pengiriman makanan, dan layanan lainnya, akan menjadi perusahaan teknologi swasta terbesar di Asia Tenggara.

Perusahaan berencana untuk mendaftar di Indonesia dan Amerika Serikat akhir tahun ini, kata eksekutif perusahaan.

Baca Juga: Bak Jatuh Tertimpa Tangga: Kasus Covid-19 Melonjak, Bencana Angin Topan Terjang Sebagian Wilayah India

Penggabungan Gojek dan Tokopedia terjadi di tengah lonjakan persaingan di Indonesia.

“Hari ini adalah hari yang sangat bersejarah dengan dibentuknya Grup Go To serta menandai fase pertumbuhan selanjutnya bagi Gojek, Tokopedia, dan GoTo Financial. Mitra driver Gojek akan memiliki peluang pendapatan yang lebih besar antara lain dengan mengirimkan lebih banyak pesanan dari pengguna Tokopedia, sementara penjual dan mitra merchant dari berbagai skala bisnis akan mendapatkan berbagai manfaat dan kesempatan untuk meningkatkan usahanya. Hadirnya Grup GoTo juga akan memungkinkan kami untuk semakin mendorong inklusi keuangan di Indonesia dan Asia Tenggara,” kata Andre Soelistyo Co-CEO Gojek. Dilansir Kabar Besuki melalui laman Antara.

Investor terbesar GoTo termasuk Alibaba Group Holding, SoftBank Group Corp, GIC sovereign wealth fund Singapura, Alphabet's Google, dan Tencent Holdings.

Baca Juga: Nasib Naas, Yamaha Vixion Oleng Tubruk Pengendara Jupiter Hingga Tewas Ditempat di Wilayah Kalibendo

“GoTo akan unik dalam kemampuannya untuk menutupi dua pertiga dari pengeluaran konsumen Indonesia”, Presiden Tokopedia Patrick Cao mengatakan kepada wartawan. “Jika Anda melihat rekan-rekan regional kami, mereka melebihi hanya pada satu sektor”. Cao akan menjadi presiden GoTo dan CEO Gojek Andre Soelistyo akan menjadi CEO.

Halaman:

Editor: Ayu Nida LF

Sumber: REUTERS ANTARA


Tags

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x