Khawatir Kasus Covid-19 Bertambah, IOC Bersikeras Yakinkan Warga Jepang Bahwa Olimpiade Tokyo Berjalan Aman

- 19 Mei 2021, 18:39 WIB
Ilustrasi suasana kota Tokyo/
Ilustrasi suasana kota Tokyo/ /Aleksandar Pasaric/Pexels/

KABAR BESUKI - Komite Olimpiade Internasional (IOC) pada Rabu, 19 Mei 2021 meyakinkan Jepang bahwa Olimpiade Tokyo akan aman bagi para atlet serta komunitas tuan rumah di tengah meningkatnya penentangan terhadap Olimpiade dan ketakutan itu akan memicu lonjakan kasus COVID-19.

Berbicara di Tokyo bersama pejabat senior Jepang, kepala IOC Thomas Bach mengatakan bahwa lebih dari 80 persen penduduk Desa Olimpiade akan divaksinasi atau dipesan untuk vaksinasi menjelang Olimpiade yang akan dimulai pada 23 Juli.

Dia menolak seruan yang meningkat untuk global pameran olahraga dibatalkan, dengan mengatakan acara olahraga lain telah membuktikan bahwa Olimpiade dapat dilanjutkan dengan tindakan pencegahan COVID-19 yang kuat.

Baca Juga: Pemain Man United Kibarkan Bendera Palestina di Lapangan, Sebuah Bentuk Kepedulian Terhadap Korban

Komentar Bach datang ketika Jepang terus berjuang dengan gelombang keempat infeksi dan peluncuran vaksin yang lambat yang telah merusak kepercayaan publik yang sudah goyah bahwa Olimpiade harus dilanjutkan.

“Bersama dengan mitra dan teman Jepang kami, saya hanya dapat menekankan kembali komitmen penuh IOC untuk menyelenggarakan Olimpiade dan Paralimpiade yang aman bersama untuk semua orang,” kata Bach. Dilansir Kabar Besuki melalui laman Reuters.

“Untuk mencapai ini, kami sekarang sepenuhnya fokus pada penyelenggaraan Olimpiade".

Baca Juga: Shin Tae-Yong Geber Latihan Timnas Indonesia, Shin: Penyerangan dan Bertahan Harus Imbang

Kurang dari 30 persen petugas medis di kota-kota besar Jepang telah divaksinasi COVID-19 hanya dengan 65 hari sebelum dimulainya Olimpiade, surat kabar Nikkei melaporkan pada hari Rabu.

Halaman:

Editor: Yayang Hardita

Sumber: REUTERS


Tags

Terkini

x