Kapal Amerika Serikat Masuk Laut China Selatan, Dua Negara Besad Tersebut Saling Unjuk Kekuatan

- 20 Mei 2021, 20:42 WIB
Ilustrasi Kapal
Ilustrasi Kapal /Anestiev//Pixabay.com

KABAR BESUKI - Kapal perang Amerika Serikat secara ilegal masuki wilayah perairan laut China Selatan (LCS). Hal itu disampaikan oleh pihak China pada Kamis 20 Mei 2021.

Pernyataan tersebut adalah bentuk gesekan terbaru dalam perselisihan kedua negara terkait klaim Beijing di jalur perairan yang sibuk itu.

Komando Teater Selatan militer China menjelaskan kapal USS Curtis Wilbur milik AS memasuki perairan dekat Kepulauan Paracel tanpa izin.

Baca Juga: Undang 'Lord' Rangga dari Sunda Empire, Deddy Corbuzier Disarankan Ari Lasso untuk Pindah dari Bumi

Pihaknya juga menyebutkan bahwa sejumlah kapal dan pesawat militer China membuntuti kapal AS tersebut.

Komando Teater Selatan militer China menambahkan bahwa China menentang tindakan AS itu, hal tersebut dianggap telah melanggar kedaulatannya serta merusak perdamaian dan stabilitas regional.

Laut China Selatan merupakan salah satu dari banyak titik gesekan dalam hubungan antara China dan AS yang mudah menjadi panas. Washington menolak klaim teritorial Beijing di perairan LCS, yang kaya sumber daya alam, dengan menyebut klaim itu sebagai tindakan yang melanggar hukum.

Baca Juga: Virus 'Jamur Hitam' Serang India, Warganet Desak Pemerintah Perbanyak Obat Mengingat Vaksinnya Sudah Menipis

Kapal-kapal perang AS telah melintasi wilayah Laut China Selatan dengan frekuensi kehadiran yang meningkat dalam beberapa tahun terakhir, yang merupakan suatu aksi unjuk kekuatan terhadap klaim China.

Dilansir dari situs Antar, Angkatan Laut AS pada Kamis malam memeberkan kapal USS Curtis Wilbur "menegaskan hak dan kebebasan navigasi" di dekat Kepulauan Paracel, yaitu perairan yang diklaim China, Taiwan, dan Vietnam sebagai bagian dari wilayah kedaulatannya.***

Editor: Yayang Hardita

Sumber: Antaranews.com


Tags

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x