Waspada Jika Bagian Tubuh Ini Bengkak Tanpa Sebab, Menurut Ahli: Bisa Jadi Gejala Penyakit Jantung

- 21 Mei 2021, 10:55 WIB
Ilustrasi bentuk jantung/Unsplash/Robina Weermeijer
Ilustrasi bentuk jantung/Unsplash/Robina Weermeijer /

KABAR BESUKI - Penyakit jantung adalah kondisi yang harus kita perhatikan dan waspadai. Entah disebabkan oleh gaya hidup atau masalah keturunan, penyakit jantung merenggut lebih banyak nyawa daripada penyakit lainnya, dengan jumlah total kematian lebih banyak daripada yang disebabkan oleh semua bentuk kanker, menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC).

Dan itu bukan hanya masalah di antara orang tua saja, risiko Anda mengalami serangan jantung meningkat secara signifikan setelah usia 45 tahun.

Meskipun Anda mungkin menyadari tanda-tanda peringatan klasik ada sesuatu yang salah dengan jantung Anda, namun terdapat gejala lebih halus yang kemungkinan besar akan Anda lewatkan.

Itu sebabnya para ahli memperingatkan tentang tanda bahaya lain yang mungkin juga menimbulkan kekhawatiran, termasuk pembengkakan di area tubuh tertentu.

Baca Juga: Heboh Video 34 detik Puing-puing Roket China Jatuh ke Samudra Hindia dekat Maldives, Ini Faktanya

  • Pembengkakan di tungkai, kaki, atau pergelangan kaki

Edema adalah istilah medis yang tepat untuk pembengkakan di tubuh, dan meskipun dapat terjadi di area mana pun karena berbagai alasan, jika muncul di tungkai, kaki, atau pergelangan kaki, itu bisa menjadi tanda bahwa sistem peredaran darah Anda tidak berfungsi dengan baik. Artinya ada sesuatu yang salah dengan organ tubuh Anda.

“Salah satu fungsi utama sistem peredaran darah Anda adalah pengangkutan zat ke tempat lain di tubuh untuk digunakan atau dibuang,” Elizabeth Hanes, RN, dari New Mexico.

Mayurkumar Bhakta, MD, mencatat di situs web perusahaan bahwa “pembengkakan kaki terkait dengan masalah jantung biasanya sekitar 10 hingga 15 persen dari waktu.”

Baca Juga: Manfaat Tanaman Teratai untuk Kesehatan Tubuh Manusia, Salah Satunya Mengatasi Pendarahan

Halaman:

Editor: Ayu Nida LF

Sumber: bestlifeonline


Tags

Terkini

x