Ketua MPR RI Bambang Soesatyo Dukung Hamas Gencatan Senjata dengan Israel

- 22 Mei 2021, 00:13 WIB
Foto Bamsoet
Foto Bamsoet /@bambang.soesatyo/instagram

KABAR BESUKI - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo atau yang lebih akrab disapa Bamsoet tersebut menyatakan mendukung pemberlakuan gencatan senjata antara Hamas (Palestina) dengan Israel yang mulai berlaku sejak Jumat, 21 Mei 2021 pukul 02.00 waktu setempat dan mengakhiri 11 hari pertempuran dari kedua pihak.

Perlu diketahui, berdasarkan dari PBB dalam pertempuran 11 hari tersebut hampir 450 bangunan di Gaza hancur atau rusak berat, termasuk 6 rumah sakit dan 9 pusat layanan kesehatan utama. Selain itu, lebih dari 52 ribu warga di Gaza mengungsi dari rumahnya. 

Sedangkan menurut kementerian Kesehatan Gaza mencatat, sedikitnya 219 warga Palestina tewas, termasuk 63 anak-anak dan 36 perempuan, serta 1.530 orang luka-luka. Sementara korban tewas di pihak Israel mencapai 12 orang. Termasuk seorang anak dan tentara, serta sedikitnya 300 orang terluka. 

Baca Juga: UAS Dijemput Paksa Terbukti Menggelapkan Sumbangan Dana Palestina, Ini Faktanya

"Pada Selasa, 18 Mei 2021 saya dan Ketua Parlemen Turki Mustafa Sentop berkomunikasi melalui sambungan telepon. Kami menekankan perlunya Indonesia, Turki, Mesir, Qatar, dan negara Organisasi Kerja sama Islam (OKI) lainnya mendesak PBB secara aktif menyelesaikan konflik Israel-Palestina," kata Bambang Soesatyo atau Bamsoet, yang dikutip dari Antara.

Hal itu dikatakan Bamsoet dalam Pelantikan Penggantian Anggota Antar Waktu (PAW) MPR RI, yang diselenggarakan di Kompleks Parlemen.

Langkah itu menurut dia perlu dilakukan karena Sidang Dewan Keamanan PBB yang dilakukan pada Minggu, 16 Mei 2021, gagal mengambil tindakan tegas terhadap Israel.

Baca Juga: Ciptakan Karya Fesyen Karakter Disney's, Ivan Gunawan Bikin Bangga Indonesia

Karena itu dia mengatakan, dalam Sidang Pleno ke-67, Majelis Umum PBB yang mulai berlangsung di Markas PBB, New York, Amerika Serikat, pada Kamis, 20 Mei 2021 malam waktu setempat, harus ada arah yang jelas dalam tercapai-nya perdamaian Palestina-Israel berdasarkan "two state solution"

Halaman:

Editor: Yayang Hardita

Sumber: Antaranews.com


Tags

Terkini

x