Beredar Usulan Hamas akan Dirikan Kantor Cabang di Indonesia, Netizen: Dukung Hamas Berarti Dukung Teroris!

- 22 Mei 2021, 11:00 WIB
Anggota sayap bersenjata Hamas di Gaza
Anggota sayap bersenjata Hamas di Gaza /Middleeastmonitor.com/

KABAR BESUKI - Persoalan konflik Israel-Palestina tidak lepas dari manuver Hamas, faksi militer yang memperjuangkan kemerdekaan Palestina.

Pidato kunci untuk mengakhiri krisis saat ini di Gaza adalah dengan menghapus Hamas dari daftar organisasi teroris.

Sebaliknya, narasi yang muncul justru diperbolehkan untuk cabang Hamas di Indonesia. Hamas bisa membuka kantor perwakilan di Indonesia.

Narasi usulan ini berasal dari seorang akademisi lulusan Universitas Lille, Perancis, Indonesia, Hasmi Bakhtiar. Dia langsung menyarankannya.

Dalam postingan media sosialnya, Hasmi menulis bahwa salah satu kunci untuk mengurangi konflik Israel-Palestina yang sedang berlangsung di Gaza adalah dengan menyediakan jalan bagi Hamas ke Palestina.

Baca Juga: Hamas Palestina Pamer Stok Rudal, Bahkan Disebut Bisa Serang Israel dalam Beberapa Bulan ke Depan

Pejabat Hamas, Ismail Haniyeh, kata Hasmi, membenarkan hal tersebut. Salah satu program terbesar Hamas ke depan adalah perjuangan kemerdekaan Palestina dengan membangun hubungan dengan masyarakat internasional, termasuk Eropa dan Amerika Serikat.

Langkah ini dinilai memungkinkan Hamas berperang lebih leluasa untuk Palestina. Sebab selama ini posisi Hamas sulit karena organisasi tersebut tergolong organisasi teroris.

Dalam praktiknya, akan sulit membangun hubungan internasional seperti ini. Untuk memuluskan langkah ini, peran negara Muslim tidak bisa dihindari.

Halaman:

Editor: Aliefia Rizky Nanda Herita

Sumber: Twitter


Tags

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x