Studi Baru Ungkap Rutin Minum Kopi Ternyata Bisa Turunkan Risiko Kanker

- 24 Mei 2021, 09:00 WIB
 ilustrasi foto orang minum kopi
ilustrasi foto orang minum kopi /pixabay

KABAR BESUKI – Minum kopi menjadi salah satu kebiasaan yang digemari oleh sebagian orang. Minum kopi biasanya dilakukan saat pagi hari sebelum memulai aktivitas. Hal ini karena, kopi dipercaya bisa memberikan energi sehingga membuat seseorang lebih bersemangat menjalani aktivitas.

Kopi juga dikenal memiliki beragam manfaat seperti meningkatkan daya ingat serta kaya akan antioksidan yang bermanfaat untuk tubuh.

Selain itu, rutin minum kopi ternyata juga bisa menurunkan risiko seseorang terkena kanker. Hal ini dibuktikan dalam sebuah penelitian yang mengungkap bahwa, minum kopi secara rutin bisa mengurangi risiko kanker tertentu.

Baca Juga: Jangan Sembarangan! Konsumsi 3 Buah Ini di Pagi Hari Justru Bisa Berbahaya Bagi Tubuh

Seperti dilansir Kabar Besuki  dalam Insider, baru-baru ini Badan Internasional untuk penelitian kanker telah merilis World Cancer Report 2020, yang menunjukkan bukti bahwa kopi dapat mengurangi risiko kanker tertentu seperti kanker hati dan kanker endometrium.

Para peneliti mencatat bahwa ada bukti yang menunjukkan kopi dapat mengurangi risiko kanker tertentu. Salah seorang peneliti mengatakan bahwa, penelitian terbaru menunjukkan bahwa mengonsumsi kopi dapat menurunkan risiko kanker hati dan kanker endometrium.

Para peneliti menganalisis lebih dari 1 juta orang dan hasil penelitian tersebut menyimpulkan bahwa, orang yang minum tiga cangkir kopi sehari memiliki risiko 27 persen lebih rendah terkena karsinoma hepatoseluler atau jenis kanker hati primer yang paling umum.

Baca Juga: Isolasi Mandiri Lantaran Kembali Positif COVID-19 untuk Kedua Kalinya, Paula Rindu Kiano dan Baim Wong

Sebuah penelitian lain juga mengungkap hal yang sama bahwa kopi diyakini ampuh mengurangi risiko kanker hati. Bahkan, risiko kanker hati menurun hingga 50 persen jika seseorang rutin minum kopi.

Halaman:

Editor: Yayang Hardita

Sumber: Insider


Tags

Terkini

x