Ilmuwan Mengatakan, Tidur di Akhir Pekan Ternyata Bisa Turunkan Risiko Kematian Dini

- 29 Mei 2021, 10:32 WIB
Ilustrasi tidur.
Ilustrasi tidur. /Pexels.com/Andrea Piacquadio

KABAR BESUKI – Akhir pekan tentu menjadi waktu yang sering dimanfaatkan oleh banyak orang untuk berlibur atau sekedar menghabiskan untuk bermalas-malasan dan tidur di rumah aja.

Meski waktu akhir pekan hanya dimanfaatkan untuk bermalas-malasan dan tiduran hal ini justru memberikan manfaat bagi kesehatan.

Menambah waktu tidur di akhir pekan menjadi solusi bagi seseorang yang kurang tidur saat hari biasa. Sebuah penelitian terbaru bahkan mengatakan bahwa tidur di akhir pekan bisa menurunkan risiko kematian dini.

Baca Juga: Link Resmi WhatsApp Bagi-bagi Hadiah Rp175 Juta 'Cek Pin Klik', Ini Faktanya!

Dilansir Kabar Besuki  dari The Independet, sebuah penelitian dari Stockholm University menguji efek kurang tidur pada seseorang selama satu minggu dan akhir pekan yang bisa berisiko pada tingkat kematian.

Penelitian yang dipimpin oleh profesor Tobjorn Akerstedt, mengumpulkan data dari 43.880 partisipan selama 13 tahun. Para peneliti melakukan penelitian tentang gaya hidup, kesehatan, dan kebiasaan tidur para partisipan.

Peneliti juga menganalisis kebiasaan seperti merokok, konsumsi alkohol, kopi, dan aktivitas fisik yang sering dilakukan oleh partisipan.

Baca Juga: Wanita Harus Tau! Konsumsi Jus Bayam Ternyata Bisa Kurangi Nyeri dan Kram Perut Saat Menstruasi

Hasil penelitian tersebut mengungkap bahwa, tidur lebih lama di akhir pekan bisa menangkal berbagai macam penyakit yang disebabkan karena kurang tidur. Seperti risiko penyakit kanker, diabetes, dan penyakit jantung yang bisa menurunkan resiko kematian pada seseorang.

Halaman:

Editor: Yayang Hardita

Sumber: independent.co.uk


Tags

Terkini