Awas! Sering Marah Ternyata Bisa Tingkatkan Risiko Kematian Dini

- 30 Mei 2021, 10:49 WIB
Ilustrasi foto orang yang sering marah
Ilustrasi foto orang yang sering marah /Andrea Piacquadio/

KABAR BESUKI – Orang yang memiliki sifat pemarah seringkali dikaitkan dengan perilaku yang buruk. Orang yang mudah marah biasanya lebih mudah emosi meski melihat masalah yang sepele. Tak jarang sifat ini tidak disukai oleh banyak orang.

Seseorang yang memiliki sifat pemarah juga seringkali dijauhi karena menjengkelkan. Selain berdampak buruk pada lingkungan pergaulan, orang yang sering marah ternyata juga memiliki dampak negatif bagi kesehatan.

Sebuah studi mengungkapkan bahwa orang yang sering marah teryata lebih berisiko mengalami kematian dini.

Baca Juga: Hati-hati! Sering Main Ponsel di Malam Hari Ternyata Bisa Bikin Susah Punya Anak

Dilansir Kabar Besuki  dari Daily Mail, sebuah penelitian dari Lowa State University mengungkapkan bahwa orang yang sering marah cenderung lebiih cepat meninggal terlebih pada seorang pria.

Penelitian tersebut mengatakan bahwa pria yang berusia 20-40 tahun memiliki kemungkinan 1,5 kali lipat meninggal dalam waktu 35 tahun kemudian jika sering marah.

Para peneliti menghubungan hal tersebut dengan kerusakan fisiologis. Pelepasan adrenalin yang terlalu sering ketika marah, memicu kerusakan pada DNA dan pada akhirnya menyebabkan penyakit dan berisiko sebabkan kematian dini.

Baca Juga: Waspada! Penyakit Gusi Ternyata Jadi Tanda Awal Risiko Serangan Jantung

Penelitian tersebut mengumpulkan data dari 1.307 pria selama hampir 40 tahun. Hasil penelitian tersebut menemukan bahwa, pria yang sering marah memiliki 1,57 kali risiko meninggal lebih cepat dibandingkan dengan orang yang lebih sedikit marah.

Halaman:

Editor: Yayang Hardita

Sumber: dailymail


Tags

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x