Mendadak Muncul Kandidat Capres Alternatif Berasal dari Kalangan TNI-Polri, dari Moeldoko Hingga KASAD Andika

- 1 Juni 2021, 19:45 WIB
Kolase foto Agus Harimurti Yudhoyono dan Moeldoko
Kolase foto Agus Harimurti Yudhoyono dan Moeldoko /Instagram @agusyudhoyono/Instagram @moeldoko

KABAR BESUKI - Menjelang pemilihan presiden (Pilpres) 2024, publik penasaran dengan drama politik yang terkait dengan rumor sosok yang akan diangkat sebagai presiden dan wakil presiden.

Baru-baru ini, muncul survei yang mempertemukan calon presiden (Capres) alternatif di kalangan pejabat TNI dan Polri.

Seperti diketahui sebelumnya, sejumlah nama kuat yang diperkirakan akan maju pada Pilpres 2024 mendatang sebagian besar adalah politisi dan pengurus partai.

Baca Juga: AHY Diminta Sadar Diri, Muhammad Qodari: Enggak Ada yang Tertarik untuk Mendukung Jadi Capres

Sebut saja Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Ketua DPP PDIP Puan Maharani, dan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno.

Berbeda dengan polling kelayakan lainnya, polling online kali ini oleh Nyari President Platform (Nyapres2024) merangkum sejumlah nama besar di TNI-Polri yang masih menjabat dan pensiunan alias pensiunan serta yang berhak mengikuti pemilihan presiden berikutnya.

Dengan menyusun laporan Tempo, nama-nama Panglima TNI (purnawirawan) Gatot Nurmantyo dan mantan Kapolri Jenderal (Purn) Tito Karnavian menjadi tokoh muslim dari aparat TNI-Polri. Yang layak menjadi presiden atau mencalonkan diri sebagai presiden pada tahun 2024 nanti.

Baca Juga: Politisi PDIP Sebut Ganjar ‘Asyik Sendiri’ dan Kurang Memiliki Empati Kepada Partai: Sudah Cukup Lama Begitu

Dalam survei tersebut, nama Gatot dipilih oleh 60,61 persen responden, sedangkan Tito dipilih oleh 15,19 persen responden.

Halaman:

Editor: Aliefia Rizky Nanda Herita


Tags

Terkini

x