Batal Berangkat Haji, Muncul Narasi: Gagal Berangkat Tidak Dapat Izin dari Pemerintah Saudi, Kita Dikucilkan

- 4 Juni 2021, 10:15 WIB
 Ilustrasi ibadah haji saat sebelum pandemi
Ilustrasi ibadah haji saat sebelum pandemi /Sumber Foto : Pixabay/Konevi/

KABAR BESUKI - Indonesia tak memberangkatkan jamaah haji untuk tahun 2021. Pemerintah Arab Saudi hanya mengizinkan jemaah haji dari 11 negara, Indonesia tidak termasuk lho.

Kini, haji Indonesia yang dibatalkan telah menjadi perhatian nasional, bahkan ada cerita bahwa haji Indonesia dibatalkan karena dananya digunakan untuk orang lain.

Menurut keterangan resmi Kementerian Agama, jamaah haji Indonesia membatalkan perjalanan musim haji 2021 karena pemerintah Saudi hanya mengizinkan 11 negara.

Penjelasan dari Otoritas Kesehatan Masyarakat Saudi pada akhir Mei menyebutkan pemerintah hanya mengizinkan jamaah haji dari 11 negara.

Baca Juga: Demi Mempercepat UMKM Jabar Go Digital, Ridwan Kamil Gandeng Shopee dalam Membuka Shopee Center

Kesebelas negara yang bersangkutan adalah Amerika Serikat, Inggris Raya, Irlandia, Italia, Jepang, Jerman, Prancis, Portugal, Swedia, Swiss, dan Uni Emirat Arab.

Alasan otoritas Saudi mengizinkan jamaah haji dari 11 negara ini karena negara mereka mampu mengendalikan penyebaran Covid-19 secara efektif.

Dengan demikian, akun Twitter @PartaiSocmed pun menilai wajar jika Indonesia tidak bisa mengalokasikan jemaah haji karena penanganan Covid-19 di Indonesia kacau balau.

“Tak ada urusan virus dgn mayoritas muslim. Wajar kok pemerintah Arab Saudi belum kasih izin pada negara yg tingkat tesnya minim, data covid acakadut, disiplin prokes rendah, bahkan alat tes pun dipalsukan,” tulis akun Twitter @PartaiSocmed.

Halaman:

Editor: Aliefia Rizky Nanda Herita

Sumber: Twitter @PartaiSocmed


Tags

Terkini

x