Soal Pembatalan Haji 2021, Politikus PKS: Sejauh Ini Kami Belum Melihat Adanya Usaha Serius dari Pemerintah

- 4 Juni 2021, 10:40 WIB
Perjalanan ibadah Haji Indonesia tahun 2021 dibatalkan.
Perjalanan ibadah Haji Indonesia tahun 2021 dibatalkan. /Pixabay/Adli Wahid

KABAR BESUKI - Anggota Komisi Agama DPR, Bukhori Yusuf, menyayangkan pengumuman pemerintah yang membatalkan pemberangkatan haji 2021.

Jika saja, Presiden Jokowi melakukan terobosan langsung dengan Raja Salman, politisi PKS itu yakin situasinya akan berbeda, jamaah haji Indonesia akan bisa berangkat meski dengan kuota yang sangat terbatas.

Bukhori mengatakan keputusan tergesa-gesa pemerintah untuk membatalkan haji sangat disayangkan. Karena menurutnya tidak masalah jika hanya sebagian kecil dari total jamaah haji Indonesia yang terpaksa berangkat.

Baca Juga: Demi Mempercepat UMKM Jabar Go Digital, Ridwan Kamil Gandeng Shopee dalam Membuka Shopee Center

Politisi PKS itu mencontohkan, sejak awal ia terus mendorong pemerintah Indonesia untuk mengambil langkah diplomasi yang setara dan produktif terhadap pemerintah Kerajaan Arab Saudi.

Ia mengaku selalu mendesak Presiden Jokowi untuk berkomunikasi langsung dengan Raja Salman untuk mendapatkan kepastian haji bagi calon jemaah haji Indonesia.

Bukhori mengatakan, meski sebelumnya Menag mengklaim bahwa Presiden Jokowi berkomunikasi langsung dengan Raja Salman, ia tak menampik belum ada tanggapan tegas.

Baca Juga: Batal Berangkat Haji, Muncul Narasi: Gagal Berangkat Tidak Dapat Izin dari Pemerintah Saudi, Kita Dikucilkan

Keseriusan Presiden dalam melakukan lobi secara langsung harus dilakukan sejak lama sebagai bentuk keseriusan pemerintah dalam mewujudkan hak-hak rakyat Indonesia, khususnya umat Islam, untuk menghormati salah satu rukun Islam.

Halaman:

Editor: Aliefia Rizky Nanda Herita

Sumber: PKS.id


Tags

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x