Apa yang Dimaksud dengan Pajak Minimum Global dan Apa Artinya? Simak Ulasan Berikut Ini!

- 6 Juni 2021, 09:00 WIB
 Ilustrasi pajak.
Ilustrasi pajak. /Pixabay/stevepb/

KABAR BESUKI - Menteri Keuangan dari negara-negara kaya Kelompok Tujuh (G7) mencapai kesepakatan penting pada Sabtu 5 juni 2021 yang mendukung penciptaan tarif pajak perusahaan minimum global setidaknya 15 persen, sebuah kesepakatan yang kemudian dapat menjadi dasar kesepakatan di seluruh dunia.

Kesepakatan semacam itu bertujuan untuk mengakhiri apa yang disebut Menteri Keuangan AS Janet Yellen sebagai "perlombaan 30 tahun ke bawah pada tarif pajak perusahaan" ketika negara-negara bersaing untuk memikat perusahaan multinasional.

MENGAPA PAJAK MINIMUM GLOBAL?

Negara-negara ekonomi besar bertujuan untuk mencegah perusahaan multinasional mengalihkan keuntungan dan pendapatan pajak ke negara-negara dengan pajak rendah di mana pun penjualan mereka dilakukan.

Baca Juga: Resep Mudah Semur Daging Kepala Sapi Paling Empuk dan Gurih Bikin Ketagihan

Semakin banyak, pendapatan dari sumber tidak berwujud seperti paten obat, perangkat lunak dan royalti kekayaan intelektual telah bermigrasi ke yurisdiksi ini, memungkinkan perusahaan untuk menghindari membayar pajak yang lebih tinggi di negara asal mereka.

DI MANA PEMBICARAANNYA? 

Kesepakatan G7 masuk ke dalam upaya yang jauh lebih luas dan sudah ada. Organisasi untuk Kerjasama Ekonomi dan Pembangunan telah mengoordinasikan negosiasi pajak di antara 140 negara selama bertahun-tahun tentang aturan untuk mengenakan pajak layanan digital lintas batas dan membatasi erosi basis pajak, termasuk pajak minimum perusahaan global.

Baca Juga: 3 Bentuk Lidah yang Dapat Mengungkapkan Kepribadianmu, Simak Penjelasan dan Kamu Nomer Berapa

Halaman:

Editor: Yayang Hardita

Sumber: Channel News Asia


Tags

Terkini

x